PERBEDAAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN BERDASARKAN METODE PEMBAYARAN DI RSIA BUDHI JAYA

Indy Ainun Rahma, - (2019) PERBEDAAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN BERDASARKAN METODE PEMBAYARAN DI RSIA BUDHI JAYA. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (640kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (918kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (989kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (825kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (904kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (134kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Studi terdahulu menyebutkan bahwa terdapat perbedaan kualitas pelayanan antarpasien yang menggunakan metode pembayaran yang berbeda. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan persepsi pasien rawat jalan RSIA Budhi Jaya terhadap kualitas pelayanan berdasarkan metode pembayaran yang digunakan. Penelitian ini menggunakan desain analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berkunjung ke RSIA Budhi Jaya. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Uji statistik yang digunakan adalah uji Kruskal Wallis dan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan persepsi kualitas pelayanan dimensi efisiensi (Pvalue=0,014) dan keamanan (Pvalue = 0,013) secara bermakna pada pasien fee for service, JKN, dan asuransi swasta. Pasien fee for service dan JKN memiliki perbedaan secara signifikan pada dimensi efisiensi (Pvalue =0,005). Pasien fee for service dan JKN memiliki perbedaan secara signifikan pada dimensi keamanan (Pvalue =0,003). Tidak terdapat perbedaan persepsi kualitas pelayanan dimensi efektivitas (Pvalue =0,148), akseptabel (Pvalue =0,126), keterjangkauan (Pvalue = 0,106) dan keadilan (Pvalue =0,120) secara bermakna pada pasien fee for service, JKN, dan asuransi swasta. Diharapkan RSIA Budhi Jaya dapat mengevaluasi kembali efisiensi pelayanan khususnya masalah keterlambatan pemeriksaan dan dapat meningkatkan kebersihan toilet poliklinik agar selalu bersih dan tidak licin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510713014] [Ketua Penguji: Putri Permatasari] [Penguji I: Rafiah Maharani] [Penguji II (Pembimbing): Acim Heri Iswanto]
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Metode Pembayaran, Fee for Service, JKN, Asuransi Swasta
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1)
Depositing User: Eka Dewi
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:13
Last Modified: 27 Nov 2019 04:13
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3608

Actions (login required)

View Item View Item