HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN JKN PADA UNIT HEMODIALISA RUMAH SAKIT DI KOTA BEKASI TAHUN 2019

Puspathi, - (2019) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN JKN PADA UNIT HEMODIALISA RUMAH SAKIT DI KOTA BEKASI TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (797kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (855kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (911kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (75kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Jumlah penderita Gagal Ginjal Kronik di Indonesia setiap tahunnya meningkat. Sejak ada program JKN terdapat peningkatan juga pada jumlah pasien hemodialisa, sedangkan peralatan pada unit hemodialisa jumlahnya terbatas. Hal ini berisiko mempengaruhi kualitas pelayanan yang akan berdampak pada kepuasan paasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan kualitas pelayanan kesehatan yang terdiri dari delapan dimensi mutu (kompetensi teknis, akses terhadap pelayanan, efektifitas, hubungan interpersonal, efisiensi, kesinambungan, keamanan dan kenyamanan) dengan kepuasan pasien JKN. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien peserta JKN dan sudah pernah melakukan hemodialisis. Jumlah responden 80 orang dan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Tempat penelitian adalah RSUD Bekasi dan RS Anna Medika Bekasi. Analisa data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di RSUD Kota Bekasi terdapat hubungan antara kompetensi teknis, efektifitas, hubungan interpersonal, keamanan dan kenyaman dengan kepuasan pasien. Hasil penelitian juga menunjukkan di RS Anna Medika terdapat hubungan antara kompetensi teknis, efisiensi dan kenyaman dengan kepuasan pasien. RSUD Bekasi dan RS Anna Medika Bekasi disarankan untuk memperhatikan kepuasan pasien hemodialisa dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan pada aspek dimensi yang terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510713007] [Ketua Penguji: Afif Amir Amrullah] [Penguji I: Fathinah Ranggauni H.] [Penguji II (Pembimbing): Rafiah Maharani P.]
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Unit Hemodialisa, Gagal Ginjal Kronik, JKN
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1)
Depositing User: Eka Dewi
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:11
Last Modified: 27 Nov 2019 04:11
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3604

Actions (login required)

View Item View Item