EFEKTIVITAS VISUALISASI GAMBAR PADA KEMASAN ROKOK SAMPOERNA MILD (Survei Pada Mahasiswa Institut Kesenian Jakarta)

Lita Anggraini, - (2015) EFEKTIVITAS VISUALISASI GAMBAR PADA KEMASAN ROKOK SAMPOERNA MILD (Survei Pada Mahasiswa Institut Kesenian Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (870kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (864kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (858kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (92kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada fenomena permasalahan merokok yang meningkat pada tiap tahunnya. Usaha pemerintah untuk mengatasi masalah ini dengan membuat visualisasi gambar peringatan merokok yang sebelumnya berupa pesan peringatan pada kemasan rokok. Berdasarkan KEMENKES RI 18/06/2014 pemerintah membuat peraturan pada PP No 109/tahun 2014 dan PERMENKES No.28 terhadap produk rokok wajib mencantumkan peringatan bahaya merokok bagi kesehatan dengan gambar menyeramkan. Tujuan Penelitian Mengukur efektivitas visualisasi gambar pada kemasan rokok Sampoerna Mild berdasarkan jenis kelamin dan usia. Teori yang digunakan yaitu Komunikasi Visual, Periklanan dan Kemasan. Metodologi Penelitian Menggunakan pendekatan kuantitatif survei dengan analisis rataan skor, pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner dengan sampel Mahasiswa Institut Kesenian Jakarta yang berjumlah 95 orang. Hasil Penelitian efektivitas visualisasi gambar pada kemasan rokok Sampoerna Mild memiliki rataan skor (2,75). Tabulasi silang pada responden laki-laki rataan skor tertinggi (2,957) dan responden perempuan (3,171) untuk dimensi workability. Usia di bawah 20 tahun (3,071) dan usia antara 21-30 tahun (3,049) untuk dimensi visibility. Kesimpulan visualisasi gambar pada kemasan rokok Sampoerna Mild berdasarkan dimensi visibility, information dan workability efektif sedangkan dimensi emotional appeal tidak efektif diukur. Saran Sampoerna Mild agar menampilkan Gambar yang tidak harus menyeramkan namun pesan untuk bahaya dan berhenti merokok sampai pada benak konsumen dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1110411097] [Ketua Penguji: Sumardi Dahlan] [Penguji I : Siti Maryam] [Penguji II (Pembimbing): Retno Dyah Kusumastuti]
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Visualisasi, Gambar dan Kemasan.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Luqman Imam
Date Deposited: 27 Nov 2019 03:49
Last Modified: 27 Nov 2019 03:49
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3589

Actions (login required)

View Item View Item