PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH BANK YANG KEHILANGAN DANA SIMPANAN AKIBAT INFORMASI CALL CENTER DI ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM)

Indira Isna Rahmawati Shalwa, - (2016) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH BANK YANG KEHILANGAN DANA SIMPANAN AKIBAT INFORMASI CALL CENTER DI ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (997kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (858kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (858kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (149kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (3MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan bidang Pengetahuan dan Teknologi di era modern ini telah membawa perubahan yang signifikan terhadap peranan perbankan dalam kemajuan perekonomian Indonesia. Dalam hal ini bank berperan penting dalam menjaga keseimbangan perekonomian untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu layanan perbankan yang sering digunakan oleh masyarakat adalah layanan ATM. Nasabah selama ini mengira dengan penggunaan kartu ATM yang mereka miliki sudah cukup aman. Namun dalam kenyataan yang ada, masyarakat dikejutkan dengan hilangnya sejumlah dana nasabah di mesin ATM tanpa diketahui siapa dan kapan transaksi tersebut dilakukan. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan perlindungan hukum terhadap nasabah pengguna layanan perbankan khususnya pengguna ATM, karena walaupun bank telah memberikan jaminan keamanan berlapis untuk keamanan bertransaksi secara elektronik ini, namun tetap saja ada nasabah yang dirugikan. Oleh karena itu dalam penelitian ini mengangkat permasalahan tentang Perlindungan Hukum Terhadap Nasabah Bank Yang Kehilangan Dana Simpanan Akibat Informasi Call Center di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) serta upaya penyelesaian sengketa yang dapat dilakukan oleh nasabah yang kehilangan dana. Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan teori Perlindungan Hukum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan sumber utama adalah data sekunder. Upaya penyelesaian sengketa yang dapat dilakukan oleh nasabah adalah melalui jalur litigasi dan non-litigasi. Perlindungan hukum yang dapat diberikan kepada nasabah bank terdiri dari pengamanan kartu ATM, pengamanan mesin ATM, dan perlindungan tempat/gerai ATM serta perlindungan hukum lain untuk melindungi dana simpanan nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1210611100] [Ketua Penguji: Hendrawati Yuripersana] [Anggota I: Suherman] [Anggota II: Erna Widjajati]
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum, nasabah bank, informasi call center di ATM.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Hukum (S1)
Depositing User: Zahra Nasution
Date Deposited: 27 Nov 2019 03:10
Last Modified: 27 Nov 2019 03:10
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3507

Actions (login required)

View Item View Item