“PERTANGGUNGJAWABAN PERDATA RUMAH SAKIT TERHADAP PASIEN KASUS MALPRAKTIK (Studi Kasus Nomor Putusan : 1752K/PDT/2007)”

Effort Heady, - (2016) “PERTANGGUNGJAWABAN PERDATA RUMAH SAKIT TERHADAP PASIEN KASUS MALPRAKTIK (Studi Kasus Nomor Putusan : 1752K/PDT/2007)”. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (711kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (837kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (818kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (828kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (814kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (789kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (790kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (11kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan agar mengetahui faktor-faktor apa saja hingga menyebabkan terjadinya malpraktik dalam dunia medis, serta cara penyelesaian sengketa medis dengan pasien, kesehatan memang memiliki arti penting bagi setiap orang ketika kesehatan seseorang terganggu mereka akan melakukan berbagai cara untuk sesegera mungkin dapat sehat kembali. Pada tahun 1986 WHO dalam Piagam Ottawa menyampaikan bahwasanya pengertian kesehatan y’aitu sumber daya untuk kehidupan keseharian, sedangkan pengertian kesehatan menurut Undang-undang Nomor 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan adalah situasi kesejahteraan daari tubuh, jiwa serta sosial yang sangat mungkin tiap-tiap orang hidup produktif dengan cara sosial dan ekonomis. Namun sering kita dengar dari pihak pelayanan kesehatan yang melakukan malpraktik. Lalu, bagai mana pertanggung jawaban rumah sakit terhadap pasien akibat malpraktik jika ditinjau dari Hukum Perdata dan Undang-undang Nomor 8 Thaun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen serta bagai mana penyelesaian kasus malpraktik oleh tenaga kesehatan di rumah sakit. Selain itu dalam penelitian, ini penulis menggunakan teori pertanggung jawaban perdata dan perlindungan konsumen, serta penelitian ini menggunakan penelitian yuridis normative dengan sumber utama adalah data sekunder. Kesimpulan penelitian ini adalah menuntut pertanggung jawaban perdata berupa ganti rugi secara materil terhadap pihak penyedia layanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1210611115] [Ketua Penguji: Dwi Desi Yayi Tarina] [Anggota I: Khoirur Rizal Lutfi] [Anggota II: Dwi Aryanti Ramadhani]
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban perdata, Rumah sakit, Kasus malpraktik.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Hukum (S1)
Depositing User: Zahra Nasution
Date Deposited: 27 Nov 2019 02:33
Last Modified: 27 Nov 2019 02:33
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3495

Actions (login required)

View Item View Item