Rahmat Hidayat, - (2019) MANAJEMEN PERAWATAN KAPAL PADA PERUSAHAAN PT.PELAYARAN SAYUSAN BAHARI. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
AWAL.pdf Download (4MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (154kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (972kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (976kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (936kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (948kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
Abstract
PT Pelayaran Sayusan Bahari merupakan salah satu perusahaan yang menjalankan kegiatan pelayaran kapal, saat ini perusahaan sedang berupaya untuk melakukan perawatan kapal supaya biaya yang dikeluarkan dapat di manage se efisien mungkin. Perusahaan yang sukses dalam penerapan manajemen perawatan kapal salah satunya adalah PT Indojaya trans samudera, hal ini menjadi tolak ukur dalam kesuksesan perusahaan dalam penerapan manajemen perawatan yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan manajemen perawatan pada PT. Pelayaran Sayusan Bahari. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif deskriptif yang bersumber pada pengamatan dilapangan (fieldresearch), survey lapangan dan wawancara. Survey lapangan dilakukan pada tiga tempat yang berkaitan dengan perawatan kapal, diantaranya; Perusahaan pelayaran, Galangan kapal, dan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat satu kapal yang paling dominan mengalami kerusakan yaitu TB. LM VICTOR 6 kali kerusakan selama satu tahun, Sedangkan pada kapal yang lain (TB.SUMBER KALTIM, TB. SENADI dan TB.M 30), tidak terlalu sering, dan biaya perawatan untuk dockingyang perlu dikeluarkanoleh perusahaan adalahsebesar Rp. 377.217l500,-. Sedangkan, biaya yang dikeluarkan oleh PT. Indo Jaya Trans Samudera melalui biaya perawatan kapal TB.Indo Power 8 yang dikeluarkan untuk docking sebesar Rp. 208,020,499,- sehingga, berdasarkan penjelasan di atas perusahaan sangat perlu untuk menerapkan penekanan biaya perawatan dengan melakukan beberapa tahapan yaitu program CHS dan CMS, pekerjaan floating repair, pekerjaan saat kapal berlabuh, pekerjaan saat kapal sandar melakukan kegiatan bongkar muat di dermaga dikerjakan oleh crew kapal atau kontraktor perusahaan, hal ini tentunya untuk meminimalisir biaya dok, perusahaan juga berharap dapat membuat kapal laik laut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 1410317006] [Ketua Penguji: Amir Marasabessy] [Penguji I: Purwo Joko Suranto] [Penguji II: Bambang Sudjasta] |
Uncontrolled Keywords: | manajemen perawatan, kerusakan, dok kapal, biaya perawatan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Perkapalan (S1) |
Depositing User: | Muchamad Reza Pahlawan |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 01:45 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 01:45 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3333 |
Actions (login required)
View Item |