Idris Septohadi, - (2015) ANALISIS PERBANDINGAN PERFOMA ANTARA INTAKE STANDARD DENGAN INTAKE TURBO CYCLONE PADA KENDARAAN BERMOTOR. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (808kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (802kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (808kB) |
Abstract
Intake manifold merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Fungsi intake manifold adalah untuk menghantarkan udara ke silinder atau ruang bakar, saluran hisap ,intake manifold memang kurang memegang peranan penting namun desain dari intake manifold berpengaruh pada homogenitas dan kecepatan aliran campuran udara bahan bakar dari karburator keruang pembakaran. Desain intake manifold standar tidak memiliki ulir terhadap permukaan dindingnya sehingga aliran udara yang masuk ke ruang bakar kurang efektif dalam memenuhi kebutuhan motor. Hasil yang ingin dicapai dengan pembuatan ulir terhadap permukaan dinding intake manifold adalah adanya peningatan tekanan aliran campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih tinggi sehingga berpengaruh terhadap performa dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan pada motor Yamaha Scorpio-Z. Daya yang dihasilkan pada Yamaha scorpio z dengan intake standar adalah 13,62 hp, 15,06 Nm. Sedangkan daya dan torsi yang dihasilkan pada intake manifold turbo cylone adalah 13,64 hp dan 15,07 Nm. Hasil rata-rata pengujian konsumsi bahan bakar terhadap intake manifold standar pada pengujian 1500 rpm didapatkan hasil 4,91 menit/25ml, sedangkan intake turbo cyclone didapatkan hasil 5,23 menit/25ml. pada pengujian 4000 rpm didapatkan hasil 1,06 menit/25ml dengan menggunakan intake standard dan 1,31 menit/25ml dengan menggunakan intake turbo cyclone. Pengujian pada 6000 rpm didapatkan hasil 0,35 menit/25ml pada intake standard dan 0,89 menit/25ml pada intake turbo cyclone. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan hasil performa yang lebih tinggi dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit menggunakan intake manifold turbo cyclone dibandingkan intake manifold standard.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 1110311032] [Ketua Penguji: Saut Siagian] [Penguji I: Yuhani Djaja] [Penguji II/Pembimbing: M. As'adi] |
Uncontrolled Keywords: | Intake manifold, Intake turbo cyclone, Konsumsi bahan bakar |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Muchamad Reza Pahlawan |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 03:42 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 03:42 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2952 |
Actions (login required)
View Item |