HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN PADA SISTEM REGISTRASI BPJS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT MOHAMMAD RIDWAN MEURAKSA JAKARTA TIMUR

Rizky Sutrisno Mustari, - (2017) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN PADA SISTEM REGISTRASI BPJS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT MOHAMMAD RIDWAN MEURAKSA JAKARTA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (465kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Sistem registrasi adalah sistem permulaan dari pelayanan kesehatan rumah sakit berupa pencatatan informasi tentang data pribadi dan penunjang pasien lainnya. Baik atau tidaknya sistem registrasi akan mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit. Kepuasan pasien adalah fungsi dari kesan kinerja dan harapan dimana dikatakan puas jika kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya sama atau melebihi apa yang diharapkan pasien dan sebailknya. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap sistem registrasi rumah sakit adalah fasilitas ruang tunggu memadai, kecepatan dan ketepatan waktu layanan serta ketanggapan dan kehandalan petugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan pada sistem registrasi BPJS dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di RS Mohammad Ridwan Meuraksa Jakarta Timur. Penelitian ini bersifat analitik observasional yang menggunakan desain cross sectional dengan variabel bebas mutu pelayanan sistem registrasi, sedangkan variabel terikatnya kepuasan pasien. Jumlah sampel penelitian yang diambil sebanyak 108 pasien rawat jalan BPJS menggunakan teknik purposive random sampling sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang ditentukan. Hasil analisis data dengan uji Fisher Exact Test menggunakan SPSS 20.0 menunjukkan p value =0,159, artinya tidak terdapat hubungan mutu pelayanan kesehatan pada sistem registrasi BPJS dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di RS Mohammad Ridwan Meuraksa Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1310211080] [Ketua Penguji: Yanti Harjono] [Pembimbing I: Buddy HW Utoyo] [Pembimbing II: Hikmah Muktamiroh]
Uncontrolled Keywords: Sistem Registrasi, Kepuasan Pasien, Pasien Rawat Jalan BPJS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran (S1)
Depositing User: M. Suyudi Alrajak
Date Deposited: 25 Nov 2019 03:01
Last Modified: 25 Nov 2019 03:01
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2510

Actions (login required)

View Item View Item