ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN VIVO V5 PLUS PERFECT SELFIE VERSI AFGAN DAN PEVITA PEARCE

Rizki, - (2017) ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN VIVO V5 PLUS PERFECT SELFIE VERSI AFGAN DAN PEVITA PEARCE. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (950kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (920kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (3MB)

Abstract

Semakin berkembangnya era globalisasi perkembangan teknologi semakin canggih dan mempunyai fitur-fitur menarik didalamnya, termasuk salah satunya perkembangan teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi yang familiar digunakan masyarakat saat ini adalah smartphone, semakin banyaknya karakteristik pengguna smartphone dengan berbagai macam merk dan fitur-fitur yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis makna pesan pada iklan Vivo V5 Plus perfect selfie versi Afgan dan Pevita Pearce yang ditayangan ditelevisi dengan mengungkapkan makna denotasi, konotasi, dan mitos. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotik dari Roland Barthes, data diperoleh melalui sebuah dokumen berupa video iklan televisi. Hasil penelitian, melalui identifikasi tanda dan pemaknaan denotasi, konotasi, serta mitos di setiap scene iklan tersebut. Makna denotasi diketahui dengan bagaimana perilaku yang diperlihatkan dan dilakukan oleh Afgan dan Pevita Pearce dalam keseluruhan adegan pada scene. Makna konotasi terlihat Afgan dan Pevita yang menunjukan adanya sebuah kedekatan diantara mereka dan ingin selalu terlihat selfie dalam setiap moment- momentnya untuk di abadikan. Mitos yang terkandung dalam iklan Vivo V5 Plus menggambarkan bahwa kegiatan selfie memberikan dampak positif bagi pelakunya dengan melakukan kegiatan selfie untuk mengabadikan moment, padahal disisi lain kegiatan selfie juga akan berdampak negatif bagi pelakunya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1310411177] [Ketua Penguji: Aan Setiadarma] [Penguji I: Desti Purwatiningsih] [Penguji II: Retno Dyah Kusumastuti]
Uncontrolled Keywords: Smartphone, Iklan, Semiotika, Vivo
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 23 Nov 2019 02:32
Last Modified: 23 Nov 2019 02:32
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2201

Actions (login required)

View Item View Item