REPRESENTASI FOTO KAMPANYE CALON PRESIDEN DAN CALON WAKIL PRESIDEN PADA MAJALAH TEMPO EDISI 19 – 25 NOVEMBER 2018 (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Arvy Verian, - (2019) REPRESENTASI FOTO KAMPANYE CALON PRESIDEN DAN CALON WAKIL PRESIDEN PADA MAJALAH TEMPO EDISI 19 – 25 NOVEMBER 2018 (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (658kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (933kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (568kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang representasi dari empat foto kampanye calon presiden dan wakil presiden yang terdapat pada majalah Tempo edisi 19 -25 November 2018. Penelitian ini adalah merepresentasikan empat foto kampanye calon presiden dan wakil presiden dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Peneliti menganalisis masing – masing foto kampanye tersebut dengan tiga trikotomi yang dikemukakan oleh Semiotika Charles Sanders Peirce yaitu Sign (Qualisign, Sinsign dan Legisign), Object (Ikon, indeks, dan simbol) dan Representament (rhema, decisign dan argument). Dalam merepresentasikan foto kampanye Joko Widodo, majalah Tempo tampak ingin merepresentasikan seorang Joko Widodo yang dekat tanpa jarak dengan tim kampanye yang tergambar dalam foto kampanye tersebut. Sedangkan untuk representasi Ma’aruf Amin dalam majalah Tempo direpresentasikan sebagai seorang ulama besar di Indonesia. Sedangkan untuk representasi foto kampanye Prabowo Subianto, majalah Tempo merepresentasikan seorang Prabowo Subianto sebagai seorang yang mempunyai kedekataan dan arah koalisi antara Prabowo Subianto dengan Susilo Bambang Yudhoyono. Dan untuk representasi Sandiaga Uno majalah Tempo merepresentasikan seorang Sandiaga Uno yang membranding dirinya sebaga generasi Millenial dan dekat dengan kalangan kaum perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411090] [Pembimbing Utama: Ilona Vicenovi Oisina] [Pembimbing Pendamping: Iswahyuni Adil]
Uncontrolled Keywords: Representasi, Semiotika Charles Sanders Peirce, Foto Kampanye, pasangan Joko Widodo – Ma’aruf Amin dan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, Majalah Tempo
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 23 Nov 2019 02:13
Last Modified: 23 Nov 2019 02:13
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2158

Actions (login required)

View Item View Item