REPRESENTASI RASISME DALAM PERIKLANAN PADA IKLAN DOLCE & GABBANA (Analisis Semiotika Roland Barthes pada iklan Dolce & Gabbana : DG Loves China)

MIRZA, EMIR (2022) REPRESENTASI RASISME DALAM PERIKLANAN PADA IKLAN DOLCE & GABBANA (Analisis Semiotika Roland Barthes pada iklan Dolce & Gabbana : DG Loves China). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (783kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (485kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (34kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (343kB)
[img] Text
HASIL PLAGIARISME.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
ARTIKEL KI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)

Abstract

Petty (2003) dalam artikelnya menyebutkan bahwa sebuah iklan seharusnya bertanggung jawab untuk dapat memerankan peran yang positif dan juga bermanfaat. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis sebuah iklan yang merepresentasikan unsur rasisme yang terdapat dalam iklan Dolce & Gabbana : DG Loves China, dengan menggunakan analisis semiotika model Roland Barthes. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif eksplorasi dengan pendekatan kualitatif. Penelitian yang bersifat deskriptif bertujuan untuk menggambarkan suatu gejala tertentu. Secara operasional, penelitian ini menggunakan metode semiotika untuk menganalisis obyek penelitian. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah iklan Dolce & Gabbana : DG LOVES CHINA dengan format iklan video. Berdasarkan analisis menggunakan metode Roland Barthes, iklan Dolce & Gabbana: DG Loves China merepresentasikan rasisme karena terdapat unsur yang dianggap merendahkan ornament warisan masyarakat Tiongkok yang dianggap penting dan memiliki arti tersendiri bagi masyarakat Tiongkok (Henderson, 2018). Secara konotasi, iklan Dolce & Gabbana : DG Loves China, dengan menampilkan model dengan latar belakang suku tionghoa, hal tersebut menyinggung suku tionghoa dengan representasi rasisme yang ditafsirkan oleh audiens.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: {No.Panggil : 1610411219 {Pembimbing: Retno Dyah Kusumastuti {penguji 1 : Radita Gora Tayibnafis {Penguji 2 : Hermina Simanihuruk
Uncontrolled Keywords: Petty (2003) in his article states that an advertisement should be responsible for being able to play a positive and useful role. This study aims to analyze an advertisement that represents the elements of racism contained in the Dolce & Gabbana: DG Loves China advertisement, using Roland Barthes' semiotic analysis model. In this study, the researcher used an exploratory descriptive research with a qualitative approach. Descriptive research aims to describe a certain symptom. Operationally, this research uses semiotic method to analyze the research object. The object of this research is the Dolce & Gabbana : DG LOVES CHINA advertisement with video ad format. Based on an analysis using the Roland Barthes method, the Dolce & Gabbana: DG Loves China advertisement represents racism because there are elements that are considered to be degrading the ornaments inherited by the Chinese people which are considered important and have special meaning for the Chinese people (Henderson, 2018). In connotation, the advertisement for Dolce & Gabbana: DG Loves China, by showing a model with a Chinese ethnic background, offends the Chinese ethnicity with representations of racism interpreted by the audience.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Emir Mirza
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:59
Last Modified: 21 Sep 2022 05:59
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/21349

Actions (login required)

View Item View Item