Haliza Rizkianti, - (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @HALODOC TERHADAP MOTIF FOLLOWERS (Survei Penelitian Pada Followers Halodoc di Media Sosial Instagram @halodoc). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (961kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (302kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
Abstract
Meningkatnya perkembangan teknologi di era digital menjadikan teknologi sebagai alat yang mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia, terutama dalam bidang kesehatan. Di era digital, khalayak lebih banyak mencari informasi mengenai kesehatan melalui internet atau media sosial. Melalui media sosial Instagram, Halodoc melakukan komunikasi pemasaran sekaligus memberikan berbagai macam informasi mengenai kesehatan yang dibutuhkan oleh followersnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh dan seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial Instagram @halodoc terhadap kepuasan informasi kesehatan. Populasi penelitian ini adalah followers Instagram @halodoc dengan sampel berjumlah 100 responden dihitung menggunakan rumus Taro Yamane. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Uses and Gratifications. Penggunaan media sosial diukur berdasarkan empat (4) dimensi yaitu context, communications, collaborations, dan connection. Sedangkan Motif followers diukur berdasarkan empat (4) dimensi yaitu entertainment, social integrations and interaction, information seeking, dan personal identity. Hasil uji korelasi diketahui memiliki hubungan yang kuat, artinya bahwa penggunaan media sosial Instagram hubungan kuat dengan motif followers Instagram @halodoc. Hasil uji pengaruh diketahui memiliki pengaruh namun tidak signifikan, karena pencarian informasi kesehatan bukan hanya bersumber dari media sosial Instagram @halodoc. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan t hitung dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 1510411052] [Pembimbing I: Ispawati Asri] [Pembimbing II: Wahidah R. Bulan] |
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Motif, Uses and Gratifications, Instagram |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Hidayah Husnul Khotimah |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 07:32 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 07:32 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2112 |
Actions (login required)
View Item |