ASPEK HUKUM PERAWATAN PASIEN DENGAN PELAYANAN HOMECARE BERBASIS PRAKTIK KLINIK PRATAMA

Yana Sylvana, . (2022) ASPEK HUKUM PERAWATAN PASIEN DENGAN PELAYANAN HOMECARE BERBASIS PRAKTIK KLINIK PRATAMA. Tesis thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
TURNITIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)

Abstract

Perkembangan dalam layanan kesehatan sekarang ini di era globalisasi sangat pesat, apalagi ditengah pandemik Covid-19 yang menyebabkan tumpukan antrian pasien di fasilitas pelayanan Kesehatan. Pelayananan Homecare merupakan solusi di tengah pandemic Covid-19 dikarenakan beberapa orang takut pergi ke rumah sakit karena tidak ingin terinfeksi COVID-19. Di sisi lain, ketika seseorang sakit, mereka membutuhkan perawatan medis yang tepat dan benar. Pelayanan homecare adalah perawatan yang berkelanjutan dan menyeluruh bagi sesorang dan keluarga di rumah dan termasuk ke dalam pelayanan medis yang bisa didapat dari Klinik Pratama, sesuai dalam Permenkes Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Klinik. Namun dengan trend semakin banyaknya pelayanan homecare yang ada, permasalahannya semakin banyak tenaga Kesehatan yang melakukan pelayanan homecare secara individualis tanpa melibatkan Fasilitas Kesehatan yang ada. Apabila seorang Tenaga Kesehatan melakukan pelayanan homecare sendiri dan tidak memenuhi syarat administrasi kedepannya menjadi permasalahan bahwa pelayanan homecare telah melanggar standard pelayanan medis, pelanggaran etik, pelanggaran disiplin, dan pelanggaran hukum. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis-normatif dengan metode Statue Approach yang membatasi pada regulasi pelayanan homecare dan pelimpahan wewenang dari dokter ke perawat dalam pelayanan homecare. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2021 dengan berbagai sumber literasi dasar dan menengah. Hasil dari penelitian ini didapatkan masih kurangnya harmonisasi regulasi mengenai perawatan pasien secara homecare, serta pelimpahan wewenang medis dokter kepada perawat dalam pelayanan homecare. Kesimpulan dalam penelitian ini berupa pelayanan Kesehatan pasien bisa dilakukan di rumah tetapi dari pelimpahan wewenang Tindakan medis, dimana jika terjadi kesalahan dalam pelayanan medis, akibat hukum selanjutnya akan diatur menurut hukum pidana.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: [No Panggil: 2010622045] [Pembimbing: St. Laksanto Utomo] [Penguji I: Wicipto Setiadi] [Penguji II: St. Laksanto Utomo]
Uncontrolled Keywords: Homecare Assistance; Patient Care; Primary Clinic; Delegation of Authority
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Hukum (S2)
Depositing User: Yana Sylvana
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:53
Last Modified: 20 Sep 2022 01:53
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/21079

Actions (login required)

View Item View Item