Shafira Aqila Putri, . (2022) UJI USES AND GRATIFICATIONS ELIHU KATZ DALAM PENGGUNAAN YOUTUBE PADA GENERASI MILENIAL (Survei pada Generasi Milenial di Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
ABSTRAK.pdf.pdf Download (67kB) |
|
Text
AWAL.pdf.pdf Download (467kB) |
|
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (460kB) |
|
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (451kB) |
|
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (292kB) |
|
Text
BAB 4.pdf.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (356kB) |
|
Text
BAB 5.pdf.pdf Download (68kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (193kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (76kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (497kB) |
|
Text
HASIL PLAGIARISME.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
Text
ARTIKEL KI.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
Abstract
Teori Uses and Gratifications merupakan teori yang memiliki asumsi bahwa bagaimana media dapat memiliki kebutuhan khalayak dari segi pribadi maupun sosial sehingga khalayak secara aktif dapat menggunakan media dengan tujuan khusus. Teori ini biasanya diaplikasikan pada media massa, namun, peneliti mengaplikasikannya di media baru seperti Youtube karena sesuai data (Hootsuite 2021), Youtube menjadi media terbanyak diakses oleh generasi milenial di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori uses and gratifications Elihu Katz mengenai relevansi teori UGT bila digunakan di media baru. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Peneliti menggunakan analisis deskriptif yang terdiri dari, mean, modus, median, range dan simpangan baku. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa terbukti teori Uses and Gratifications Elihu Katz masih relevan bila diaplikasikan di media baru karena khalayak masih aktif memilih Youtube untuk memenuhi berbagai kebutuhan sesuai klasifikasi kebutuhan Elihu Katz. Dalam penelitian ini menunjukkan generasi milenial di Indonesia menggunakan Youtube untuk lari dari kehidupan nyata karena kebutuhan tersebut memperoleh persentase terbanyak yaitu 86,06%. Sedangkan, mereka jarang menggunakan Youtube untuk alasan memperkuat kredibilitas mereka karena hanya memperoleh persentase 73,64%. Kata-kata kunci : Teori Uses dan Gratifications, Klasifikasi Kebutuhan Elihu
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No.Panggil: 1810411070] [Pembimbing: Maria Febiana Christanti,M.Si.] [Penguji 1: Dr. Ilona Vicenovie O.S.] [Penguji 2: Lusia Handayani, M.Si.] |
Uncontrolled Keywords: | Uses and Gratifications Theory, Elihu Katz’s Needs Classification, New Media |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Shafira Aqila Putri |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 02:30 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 02:30 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/20091 |
Actions (login required)
View Item |