PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PENGGUNAAN HELM MELALUI PENYULUHAN METODE CERAMAH DAN MENGGUNAKAN MEDIA PADA SISWA SMA NEGERI 4 TANGERANG SELATAN TAHUN 2017

Annisa Pebriana, - (2017) PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PENGGUNAAN HELM MELALUI PENYULUHAN METODE CERAMAH DAN MENGGUNAKAN MEDIA PADA SISWA SMA NEGERI 4 TANGERANG SELATAN TAHUN 2017. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (980kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (861kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (3MB)

Abstract

Tingginya angka kecelakaan pemerintah membuat peraturan untuk menekan angka kecelakaan dan juga angka kematian akibat kecelakaan, salah satunya adalah Undang-undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 291 ayat 1 dan 2 tentang pemakaian helm SNI. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai perbedaan pengetahuan dan sikap tentang penggunaan helm melalui penyuluhan metode ceramah dan menggunakan media pada siswa SMA Negeri 4 Tangerang Selatan Tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasy Experiment (eksperimen semu), Metode eksperimen semu ini digunakan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan sikap tentang penggunaan helm melalui penyuluhan metode ceramah dan menggunakan media video. Sampel 94 orang yang mengendarai sepeda motor dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 47 kelompok diberi penyuluhan dengan metode ceramah dan 47 dengan media video. Dari hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata perubahan skor pengetahuan pada kelompok diberi penyuluhan video lebih besar yaitu 0,94 sedangkan kelompok yang diberi penyuluhan dengan metode ceramah yaitu 0,66, rata-rata perubahan skor sikap pada kelompok diberi penyuluhan video lebih besar yaitu 1,7 sedangkan kelompok yang diberi penyuluhan dengan metode ceramah yaitu 1,58, rata-rata perubahan skor prilaku pada kelompok diberi penyuluhan video lebih besar yaitu 2,47 sedangkan kelompok yang diberi penyuluhan dengan metode ceramah yaitu 1,53 dan dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan rata- rata skor pengetahuan, sikap dan prilaku tentang penggunaan helm sebelum dan sesudah penyuluhan pada kelompok metode ceramah dan media video.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1310713086] [Ketua Penguji: Fajaria Candra] [Penguji I: Reda Rizal] [Penguji II (Pembimbing): Ayu Anggraeni Dyah Purbasari]
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Metode Ceramah, Media Video
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1)
Depositing User: Uus Rusdiana
Date Deposited: 23 Nov 2019 02:04
Last Modified: 23 Nov 2019 02:04
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/1721

Actions (login required)

View Item View Item