Wahyu Agus Febriantia, - (2019) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PEMBATALAN SEPIHAK TRANSAKSI JUAL BELi SECARA ONLINE MELALUI SITUS LAZADA. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (857kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (814kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (36kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
Abstract
Saat ini di Indonesia, sedang marak toko online yang berbentuk pasar online (e- commerce). E-Commerce merupakan tempat berkumpulnya penjual dan pembeli dalam sebuat website. Lazada merupakan salah satu e-commerce yang cukup terkenal di Indonesia. Akan tetapi, dengan adanya e-commerce tidak menutup kemungkinan adanya kerugian yang ditanggung oleh konsumen akibat kesalahan dari pelaku usaha. Seperti halnya dengan pembatalan transaksi yang dilakukan secara sepihak oleh Lazada. Berdasarkan fakta hukum yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa pihak Lazada tidak dapat membatalkan transaksi online secara sepihak kepada konsumen karena tindakan bertentangan dengan melanggar Pasal 9, Pasal 10, dan Pasal 16 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penelitan ini adalah peneliian Yuridis Normatif dengan mengambil sumber data primer, sekunder, dan tersier. Perlindungan hukum terhadap konsumen yang mengalami kerugian akibat dibatalkannya transaksi yang dilakukan secara sepihak oleh pihak Lazada memang belum diatur secara khusus, namun dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Konsumen yang mengalami kerugian akibat pembatalan transaksi yang dilakukan secara sepihak oleh pihak Lazada dapat menempuh upaya penyelesaian dengan menggunakan jalur non-litigasi. Seperti mengadu terhadap Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) atau Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 1510611145] [Ketua Penguji: Erni Agustina] [Anggota I: Siti Nurul Intan Sari D] [Anggota II: Dwi Desi Yayi Tarina] |
Uncontrolled Keywords: | Pembatalan Sepihak, Transaksi E-Commerce, Lazada |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Program Studi Hukum (S1) |
Depositing User: | Zahra Nasution |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 02:49 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 02:49 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/1534 |
Actions (login required)
View Item |