PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG ANAK KELAS 5 SEKOLAH DASAR DI SDN CIRIUNG 02 CIBINONG TAHUN 2017

Nadya Anggraeni, - (2017) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG ANAK KELAS 5 SEKOLAH DASAR DI SDN CIRIUNG 02 CIBINONG TAHUN 2017. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (889kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (977kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (852kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (874kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (16MB)

Abstract

Pedoman gizi seimbang mulai diperkenalkan dan disosialisasikan lebih dari 15 tahun lalu. Pedoman gizi seimbang berlaku untuk setiap tahapan usia termasuk anak usia sekolah. Edukasi gizi seimbang masih sedikit diberikan pada anak usia sekolah. Menurut beberapa penelitian masih banyak prevalensi pengetahuan gizi seimbang yang kurang. Pada penelitian yang dilakukan Zulaekah (2012) menunjukkan bahwa sebanyak 57,7% anak sekolah dasar mempunyai pengetahuan gizi yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendidikan gizi dengan menggunakan media Komik terhadap pengetahuan gizi seimbang. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian quasy experimental dengan rancangan time series design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan media cetak berupa Komik yang berisi mengenai 4 pesan gizi seimbang, yaitu variasi makanan, pentingnya hidup bersih, pentingnya pola hidup aktif dan olahraga, serta pentingnya memantau berat badan yang divisualisasikan dalam tumpeng gizi seimbang (TGS). Analisis statistik data menggunakan uji t-dependen. Hasil uji t-dependen menunjukkan bahwa adanya kenaikan rata-rata nilai pengetahuan sebelum dan sesudah pemberian komik sebesar 36,36. Pada penelitian ini pemberian media komik gizi seimbang dapat meningkatkan rata-rata pengetahuan anak sekolah sebesar 34,36 atau 72,15%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1210714002] [Ketua Penguji: Avliya Quratul Marjan] [Penguji I: Iin Fatmawati] [Penguji II (Pembimbing): Shinta Fransiske Simanungkalit]
Uncontrolled Keywords: Anak Sekolah Dasar, Komik Pendidikan Gizi, Pengetahuan Gizi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Gizi (S1)
Depositing User: Uus Rusdiana
Date Deposited: 12 Nov 2019 08:27
Last Modified: 12 Nov 2019 08:27
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/1235

Actions (login required)

View Item View Item