HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI CILANDAK TIMUR 01 DAN 03 PAGI JAKARTA SELATAN

Hutami Dwi Wardani, - (2015) HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI CILANDAK TIMUR 01 DAN 03 PAGI JAKARTA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (974kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (853kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (998kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Prestasi belajar menjadi salah satu indikator dalam menentukan kecerdasan seorang siswa. Kecerdasan seorang siswa salah satunya dipengaruhi oleh faktor gizi. Sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan antara bangun pagi sampai jam 9 untuk memenuhi sebagian (15-30%) kebutuhan gizi harian. Sarapan menjadi perilaku yang baik apabila dilakukan setiap hari. Kebiasaan sarapan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain pengetahuan sarapan, ketersediaan sarapan dan dukungan orang tua dalam membiasakan sarapan. Sarapan dapat mencegah kegemukan sehingga dapat mempengaruhi status gizi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kebiasaan sarapan dan status gizi dengan prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Cilandak Timur 01 dan 03 Pagi Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan jenis cross sectional. Besar sampel penelitian ini sebanyak 130 responden. Cara pengambilan sampel dengan proportionate stratified random sampling. Hasil univariat karakteristik responden menunjukkan responden lebih banyak berusia 10 tahun (50.8%) dan berjenis kelamin laki-laki (51.5%). Hasil bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan sarapan (p = 0.023; OR = 2.414) dan pengetahuan sarapan (p = 0.036; OR = 2.247) dengan prestasi belajar. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, disarankan pihak sekolah membuat kebijakan mengenai kegiatan sarapan bersama antara siswa dan guru di sekolah.

Item Type: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1110714050] [Ketua Penguji: Firlia Ayu Arini] [Penguji I: Apriningsih] [Penguji II (Pembimbing): Taufik Maryusman]
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, kebiasaan sarapan dan status gizi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Gizi (S1)
Depositing User: Velia Rahmadi
Date Deposited: 05 Dec 2019 12:34
Last Modified: 05 Dec 2019 12:34
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/5913

Actions (login required)

View Item View Item