POLA KOMUNIKASI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PELAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT FATMAWATI JAKARTA

Dwi Artha Putri Kirana, - (2016) POLA KOMUNIKASI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PELAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT FATMAWATI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (696kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (864kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (867kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (114kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta, yang merupakan rumah sakit rujukan tingkat nasional dengan pasien rawat jalan peserta BPJS yang sangat banyak sehingga tidak tertangani secara maksimal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi dalam mengimplementasikan pelayanan kesehatan pasien rawat jalan peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta. Mengetahui bagaimana penerapan komunikasi dalam proses implementasi pelayanan kesehatan. Teori yang digunakan adalah teori model simetris dua arah, teori komunikasi, teori komunikasi antar pribadi, teori public relations/humas pemerintah, teori pola komunikasi, dan teori implementasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil Penelitian memperlihatkan bahwa pola komunikasi yang digunakan dalam pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Fatmawati Jakarta adalah pola komunikasi antar pribadi, pola komunikasi verbal dan non verbal, serta pola komunikasi kelompok. Komunikasi menjadi pirantri utama bagi dokter, perawat, serta petugas kesehatan lain untuk menyampaikan pesan dan keinginan dokter, perawat, serta petugas kesehatan lain terhadap pasien ataupun sebaliknya. Kesimpulan pada penelitian ini adalah komunikasi memiliki peranan yang signifikan bagi pelayanan kesehatan kepada pasien, karena berpengaruh langsung dengan pola perubahan dan sikap-perilaku pasien dalam menghadapi keadaan yang dirasakan.

Item Type: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1210411123] [Ketua Penguji: Sumardi Dahlan] [Penguji I: Kusumajanti] [Penguji II (Pembimbing): Nurdi]
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Pola Komunikasi, Implementasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Luqman Imam
Date Deposited: 28 Nov 2019 07:19
Last Modified: 28 Nov 2019 07:19
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/4334

Actions (login required)

View Item View Item