STUDI PRODUKTIVITAS GALANGAN KAPAL DALAM PEMBANGUNAN KAPAL DENGAN METODE COMPENSATED GROSS TONNAGE

Ricky Ristian Primosvila, - (2014) STUDI PRODUKTIVITAS GALANGAN KAPAL DALAM PEMBANGUNAN KAPAL DENGAN METODE COMPENSATED GROSS TONNAGE. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (436kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (975kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (901kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (897kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (891kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (211kB)

Abstract

Indonesia memiliki lumayan banyak galangan yang tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia, mulai dari galangan skala kecil, menengah dan besar. Proses produksi, sumber daya manusia, dan metode pembangunan kapal sangat mempengaruhi dalam produktivitas perusahaan galangan kapal. Perhitungan produktivitas galangan kapal yang ada di Indonesia saat ini masih menggunakan metode perhitungan yang dilakukan masing-masing galangan, sehingga masih belum ada standar yang menjadi dasar perhitungan produktivitas galangan di seluruh Indonesia. Maka alat pengukuran tingkat produktivitas yang paling tepat adalah dengan metode Compensated Gross Tonnage (CGT). Cost per CGT dan manhours per CGT merupakan alat pengukuran produktivitas yang dapat digunakan untuk menentukan daya saing galangan. Dengan studi ini diharapkan galangan kapal dapat mengetahui produktivitas nya dalam pembangunan kapal sehingga dapat bersaing dengan galangan lain yang ada saat ini. Penelitian ini mengambil data kapal yang telah dibangun dari 2 galangan yang ada di Jakarta yaitu PT. Daya Radar Utama dan PT. Dok Kodja Bahari yang berupa Gross Tonnage (GT), jam orang (JO), dan biaya pembangunan kapal. Hasil dari penelitian ini didapatkan kedua galangan ini dalam pembangunan kapal mempunyai biaya rendah dan produktivitasnya juga rendah yang ditunjukan dalam constant cost curve.

Item Type: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1240316013] [Penguji 1: Bambang Sudjasta] [Penguji 2: Purwo Joko Suranto] [Penguji 3: Wiwin Sulistyawati]
Uncontrolled Keywords: Produktivitas Galangan Kapal, Compensated Gross Tonnage, Constant Cost Curve.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Perkapalan (S1)
Depositing User: Muchamad Reza Pahlawan
Date Deposited: 27 Nov 2019 03:44
Last Modified: 27 Nov 2019 03:46
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3519

Actions (login required)

View Item View Item