EFISIENSI KONSUMSI BAHAN BAKAR KAPAL DIESEL DENGAN PENAMBAHAN INSTALASI ALAT ESD (ENERGY SAVING DEVICE)PADA PROPELLER

Edi Sobari, - (2014) EFISIENSI KONSUMSI BAHAN BAKAR KAPAL DIESEL DENGAN PENAMBAHAN INSTALASI ALAT ESD (ENERGY SAVING DEVICE)PADA PROPELLER. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (356kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (917kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (950kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (775kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (773kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)

Abstract

Tingginya harga bahan bakar semakin mendorong pelaku industri khususnya pemilik kapal melakukan penghematan konsumsi bahan bakar dan cara yang cukup efektif untuk mengurangi konsumsi bahan bakar tersebut adalah dengan menambah instalasi alat yang disebut Energy Saving Device (ESD) pada propeller dengan tujuan meningkatkan efisiensi propulsi. Beberapa desain ESD propeller yang telah dikembangkan yakni Ducted Propellers (Kort Nozzel propeller), dan Propeller Boss Cap Fins (PBCF). Perbedaan jenis Energy Saving Device (ESD) mengindikasikan perubahan gaya torque dan thrust yang berbeda sehingga penulis disini ingin menganalisa pengaruh instalasi Energy Saving Device (ESD) pada propeller terhadap torque dan thrust yang dihasilkan sehingga dapat diketahui jenis ESD dengan performa paling optimal dengan bantuan paket program CAD (Computer Aided Design) serta CFD (Computational Fluid Dynamics). Hasil analisa dengan menggunakan RANS software CFD menunjukkan akibat penambahan instalasi Energy Saving Device (ESD) pada propeller, terjadi perubahan bentuk aliran fluida, yang berpengaruh pula terhadap nilai thrust dan torque yang dihasilkan. Gaya thrust yang terjadi pada pada PBCF Propeller adalah sebesar 8.70E+05 N, dengan Torque 7.18E+05, sedangkan thrust pada Nozzle Propeller adalah sebesar 1.18E+06 dengan Torque 9.86E+05.

Item Type: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1010317001] [Penguji 1: Bambang Sudjasta] [Penguji 2: Purwo Joko Suranto] [Penguji 3: Wiwin Sulistyawati]
Uncontrolled Keywords: Energy Saving Device, Ducted Propellers, Propeller Boss Cap Fins (PBCF), CFD
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Perkapalan (S1)
Depositing User: Muchamad Reza Pahlawan
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:31
Last Modified: 26 Nov 2019 07:31
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3369

Actions (login required)

View Item View Item