KAJI EKSPERIMENTAL PENAMBAHAN OCTANE BOOSTER PADA PREMIUM TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI GAS BUANG PADA KENDARAAN BERMOTOR

Aryadi, - (2013) KAJI EKSPERIMENTAL PENAMBAHAN OCTANE BOOSTER PADA PREMIUM TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI GAS BUANG PADA KENDARAAN BERMOTOR. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (676kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (894kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (857kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (923kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (39kB)

Abstract

Seiring dengan kemajuan bidang otomotif, serta tuntutan masyarakat akan kebutuhan hidup yang semakin meningkat, dan sumber daya alam (SDA) yang semakin menurun jumlahnya serta naiknya harga bahan bakar, oleh karena itu sebagian Negara-negara penghasil minyak bumi mulai memikirkan akan dampak yang akan terjadi jika sumber daya alam mengalami penurunan. Oleh karena itu penulis melakukan pengkajian tentang penambahan octan booster dimana bahan bakar yang digunakan adalah premium. Dalam penelitian ini akan dilakukan perbandingan bahan bakar premium murni (octane booster 0% v/v), premium ditambahkan octane booster prestone 1% v/v dan premium ditambahkan octane booster stp 0,5% v/v. dengan tujuan supaya menghasilkan performa dan emisi gas buang yang lenih baik. Pada penelitian ini didapat hasil, dimana daya maksimal terjadi pada bahan bakar premium ditambahkan octane booster stp 0,5% v/v sebesar 9,2 hp pada putaran 8153 rpm dibandingkan dengan prmium ditambahkan octane booster stp 1% v/v yaitu sebesar 8,9 hp pada putaran 6861 rpm dan premium murni (octane booster 0% v/v) sebesar 9,1 hp pada putaran 7409 rpm. Sedangkan pada torsi, torsi maksimu terjadi pada penambahan octane booster stp dan prestone dibandingkan premium murni. Sedangkan untuk emisi gas buang menggunakan premium ditambahkan octane booster terjadi penurunan pada gas O2, CO dan HC

Item Type: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 0810311018] [Penguji Utama: M Galbi Bethalembah] [Penguji Lembaga: Yuhani Djaja] [Dosen Pembimbing: Muhamad As'adi]
Uncontrolled Keywords: Premium murni, octane booster stp, octane booster prestone, daya, torsi, emisi gas buang
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Muchamad Reza Pahlawan
Date Deposited: 25 Nov 2019 02:53
Last Modified: 25 Nov 2019 02:53
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2483

Actions (login required)

View Item View Item