REPRESENTASI BUDAYA DALAM IKLAN PARIWISATA “WONDERFUL INDONESIA” VERSI “EXPERIENCE THE CULTURAL WONDERS OF INDONESIA” DI TELEVISI (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Sigit Haryantoro, - (2017) REPRESENTASI BUDAYA DALAM IKLAN PARIWISATA “WONDERFUL INDONESIA” VERSI “EXPERIENCE THE CULTURAL WONDERS OF INDONESIA” DI TELEVISI (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
Awal.pdf

Download (733kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (937kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (944kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (111kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Representasi budaya dalam iklan pariwisata “Wonderful Indonesia” versi “Experience the Cultural Wonders of Indonesia” di Televisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui representasi budaya serta untuk mengetahui makna yang ada pada iklan pariwisata “Wonderful Indonesia” versi “Experience the Cultural Wonders of Indonesia”. Kajian Pustaka memuat teori maupun konsep tentang periklanan, dan semiotika. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan mewawancarai key informan, penelitian ini juga bersifat dinamis, penuh makna dan natural. Teknik pengumpulan data ini berupa wawancara, data, observasi, dokumentasi, dan studi literature. Teknik dari analisa data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian pesan dan makna yang terdapat dalam iklan pariwisata “Wonderful Indonesia” versi “Experience the Cultural Wonders of Indonesia” lebih menonjolkan sisi dari kebudayaan yang ada di Indonesia. Iklan dianalisis berdasarkan keterangan key- informa. Kesimpulan Sign, Interpretant, dan object dalam iklan pariwisata “Wonderful Indonesia” versi “Experience the Cultural Wonders of Indonesia” ini sudah tergambarkan secara visual dan dikemas dengan menarik sehingga informasi tentang iklan tersebut sampai kepada khalayak. Saran dari segi sign, dalam pengemasannya agar diperdetail lagi, segi Interpretant makna dan tanda serta pesan yang ingin disampaikan harus sejajar dengan ide serta tujuan yang ingin dicapai sebelumnya, segi Object untuk diperbanyak symbol-symbol yang terdapat dalam iklan.

Item Type: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1310411169] [Ketua Penguji: Supratman] [Penguji I: Kusumajanti] [Penguji II: Rini Riyantini]
Uncontrolled Keywords: Iklan Pariwisata, Semiotika, Representasi Budaya
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:25
Last Modified: 19 Nov 2019 04:25
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2215

Actions (login required)

View Item View Item