PENGGUNAAN TENAGA KERJA ASING BERDASARKAN UNDANG - UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN PADA PERUSAHAAN SWASTA (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 1/PDT.SUS-PHI/2016/PN DPS)

Zulfakri, - (2019) PENGGUNAAN TENAGA KERJA ASING BERDASARKAN UNDANG - UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN PADA PERUSAHAAN SWASTA (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 1/PDT.SUS-PHI/2016/PN DPS). Tesis thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (923kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (839kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (914kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (626kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk persyaratan memperoleh gelar magister hukum dengan judul Penggunaan Tenaga Kerja Asing Berdasarkan Undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pada Perusahaan Swasta studi kasus putusan nomor 1/PDT.SUS- PHI/2016/PN DPS. Permasalahannya adalah bagaimana pengaturan hukum tentang penggunaan tenaga kerja asing berdasarkan Undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dikaitkan dengan putusan nomor 1/PDT.SUS-PHI/2016/PN DPS, dan bagaimana implementasi aturan penggunaan tenaga kerja asing pada perusahaan swasta dikaitkan dengan putusan nomor 1/PDT.SUS-PHI/2016/PN DPS. Pada penelitian ini penulis menggunakan 2 (dua) teori hukum diantaranya: 1) teori keadilan hukum dan 2) teori kepastian hukum. Metode penulisan Tesis ini adalah Yuridis Normatif dan sosiologis empiris dengan menggunakan bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tertier yang di analisis secara Kualitatif. Selanjutnya di analisis secara induktif dan deduktif. Hasil penelitian dinyatakan bahwa pengaturan hukum di dalam undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan khususnya tenaga kerja asing sudah cukup baik dengan memenuhi rasa keadilan dan kepastian hukum yaitu setiap perusahaan yang akan menggunakan tenaga kerja asing wajib memiliki rencana penggunaan tenaga kerja asing yang disetujui oleh menteri dan setiap tenaga kerja asing wajib memiliki izin kerja dan izin tinggal yang dikeluarkan oleh kementerian tenagakerja dan kementerian hukum dan hak asasi manusia. Namun dalam tataran implementasinya masih ditemui permasalahan tenaga kerja asing seperti penghapusan beberapa persyaratan penggunaan tenaga kerja asing, masih adanya tenaga kerja asing yang bekerja sebelum perizinannya dilengkapi, belum terimplementasikannya kewajiban alih keahlian dan alih teknologi dari tenaga kerja asing kepada tenaga kerja Indonesia pendamping dengan baik. Faktor yang menjadi kendala dalam penerapan peraturan terhadap tenaga kerja asing kurangnya pengawasan dari instansi terkait dalam penerapan aturan bagi tenaga kerja asing.

Item Type: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi (Tesis)
Additional Information: [No. Panggil:1710622003 ] [Ketua Penguji:Suherman ] [Penguji/Pembimbing I: Erna Widjajati ] [Penguji/Pembimbing II: Muhammad Araffah Sinjar]
Uncontrolled Keywords: tenaga kerja asing, nomor 1/PDT.SUS-PHI/2016/PN DPS
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Hukum (S2)
Depositing User: Zahra Nasution
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:57
Last Modified: 08 Nov 2019 03:57
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/919

Actions (login required)

View Item View Item