GASTRODIPLOMASI DALAM SEKTOR KULINER SEBAGAI NATION BRANDING THAILAND PERIODE 2014-2018

Aisyah Dwi Lestari, - (2019) GASTRODIPLOMASI DALAM SEKTOR KULINER SEBAGAI NATION BRANDING THAILAND PERIODE 2014-2018. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (976kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (993kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pemerintah Thailand menerapkan strategi gastrodiplomasi untuk membentuk citra positif dari kuliner mereka sebagai nation branding negaranya guna mengalihkan citra negatif yang ada. Konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep nation branding oleh Keith Dinnie (2008) yang difokuskan pada brand image dan national brand hexagon oleh Anholt (2005). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dari publikasi laman resmi pemerintah Thailand dan pelaksanaan wawancara dengan beberapa ahli pada bidang yang bersangkutan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, arsip, jurnal, berita, dokumen pendukung yang diolah dengan metode studi literatur dan analisis dokumen. Program yang dilakukan oleh Thailand dalam membangun citra positifnya kepada publik internasional sangat bermanfaat untuk mempertahankan eksistensinya di tingkat global. Studi ini menemukan bahwa gastrodiplomasi bukan hanya berperan sebagai instrumen pelengkap, tetapi juga berperan sebagai strategi penting untuk meningkatkan familiaritas negara dengan membangun citra kulinernya sebagai nation branding untuk mengalihkan citra negatif yang ada dalam tahap awal membentuk hubungan baik dengan negara lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510412006] [Pembimbing Utama: Asep Kamaluddin Nashir] [Pembimbing Pendamping: La Ode Muhamad Fathun]
Uncontrolled Keywords: gastrodiplomasi, Thailand, nation branding, citra, kuliner
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:14
Last Modified: 04 Nov 2019 02:14
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item