PERTANGGUNGJAWABAN RUMAH SAKIT SEBAGAI KORPORASI TERHADAP MALPRAKTIK YANG DILAKUKAN OLEH DOKTER YANG BERTUGAS DI RUMAH SAKIT

Hadi Fahlevi, - (2016) PERTANGGUNGJAWABAN RUMAH SAKIT SEBAGAI KORPORASI TERHADAP MALPRAKTIK YANG DILAKUKAN OLEH DOKTER YANG BERTUGAS DI RUMAH SAKIT. Tesis thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (982kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (29kB)

Abstract

Perkembangan dunia medis sangat mempengaruhi fungsi rumah sakit sebagai penyedia jasa pelayanan kesehatan. Rumah sakit sering mengalami krisis pelayanan kesehatan, karena fungsi rumah sakit bukan saja tempat untuk berobat tetapi pelayanannya meliputi kegiatan yang bersifat kuratif, rehabilitatif, promotif, dan preventif. Batas kewenangan dan tanggung jawab etik para tenaga kesehatan di rumah sakit harus sesuai dengan standard profesi, karna setiap tindakan medis yang dilakukan mempunyai hubungan hukum antara rumah sakit, dokter, dan pasien. Berdasarkan uraian di atas, maka permasalahan dalam tesis ini yaitu: Pertanggungjawaban Rumah Sakit Sebagai Korporasi Terhadap Malpraktik Yang Dilakukan Oleh Dokter Yang Bertugas Di Rumah Sakit. Semua tanggung jawab atas pekerjaan tenaga kesehatan adalah menjadi beban tanggung jawab rumah sakit tempat mereka bekerja. Ketika, pasien merasa haknya terabaikan oleh pihak rumah sakit maka pasien dapat menuntut haknya melalui jalur pengadilan yaitu melalui peradilan umum dan di luar pengadilan dengan alternatif penyelesaian sengketa seperti mediasi, konsiliasi, dan arbitrase. Saran dalam penelitian ini adalah: standard pelayanan kesehatan di rumah sakit harus ditingkatkan, agar pasien merasa puas dan nyaman, serta rumah sakit sebagai penyedia pelayanan kesehatan tidak hanya berorientasi pada bisnis sehingga melupakan fungsi rumah sakit sebagai lembaga sosial ekonomis.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: [No. Panggil: 1320922061] [Ketua Penguji: Erni Agustina] [Penguji Ahli : Indrati Rini] [Penguji 1 (Pembimbing): Wahyono] [Penguji 2 (Pembimbing): Muhammad Hatta]
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban, Rumah Sakit
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Hukum (S2)
Depositing User: Velia Rahmadi
Date Deposited: 04 Dec 2019 06:33
Last Modified: 04 Dec 2019 06:33
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/5805

Actions (login required)

View Item View Item