PENGARUH KEMAMPUAN BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOAS DI DEPARTEMEN OBSTETRI DAN GINEKOLOGI RSPAD GATOT SOEBROTO

Ruh Endang Pujihastuti, - (2015) PENGARUH KEMAMPUAN BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOAS DI DEPARTEMEN OBSTETRI DAN GINEKOLOGI RSPAD GATOT SOEBROTO. Tesis thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (607kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan ini untuk menganalisis pengaruh variabel kemampuan belajar, lingkungan belajar, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar koas di Dep. Obsgin RSPAD Gatot Soebroto. Waktu penelitian selama 1 tahun, dimulai dari Januari 2014 dan diakhiri Desember 2014. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis jalur (path analysis) yang dioperasikan melalui program Lisrel. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah “Proportional Random Sampling”, yang diambil secara acak dan didasarkan pada proporsi ukuran populasi. Penentuan besarnya sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan model rumus Slovin, dimana besarnya sampel sebanyak 60 orang responden. Beberapa kesimpulan yang berhasil diperoleh dalam penelitian ini antara lain : Kemampuan belajar mampu mempengaruhi motivasi belajar sebesar 0,303, dan kemampuan belajar mampu menjelaskan motivasi belajar sebesar 9,18% sedangkan sisanya 90,82% dipengaruhi oleh faktor lain. Prestasi belajar dipengaruhi secara positif oleh kemampuan belajar sebesar 0.407, dan prestasi belajar mampu dijelaskan oleh kemampuan belajar sebesar 16.56%, sedangkan sisanya 83.44% dipengaruh faktor lain. Lingkungan belajar mampu mempengaruhi motivasi belajar sebesar 0,406, dan lingkungan belajar mampu menjelaskan motivasi belajar sebesar 16,48% sedangkan sisanya 83,52% dipengaruhi oleh faktor lain. Prestasi belajar dipengaruhi secara positif oleh lingkungan sebesar sebesar 0.393. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar dapat dijelaskan sebesar 15.44% oleh lingkungan belajar dan sisanya 84.56% dijelaskan oleh faktor lain. Prestasi belajar dipengaruhi secara positif oleh motivasi belajar sebesar sebesar 0.202. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh positif langsung dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan kemampuan belajar menjelaskan variasi prestasi belajar sebesar 4.08% dan sisanya 95.92% dipengaruh faktor lain

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: [No. Panggil: 1220921182] [Ketua Penguji: Adella Hotnyda Siregar] [Penguji I: H.M. Aris Munandar] [Penguji II: Jafar Basri] [Penguji III: Darlius]
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Manajemen (S2)
Depositing User: Fitrianda
Date Deposited: 30 Nov 2019 02:32
Last Modified: 30 Nov 2019 02:32
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/5634

Actions (login required)

View Item View Item