TANGGUNG JAWAB PT.MANDALA AIRLINES YANG DINYATAKAN PAILIT DALAM HAL PENGEMBALIAN UANG TIKET CALON PENUMPANG

Ridwan Zami Gustiansyah, - (2018) TANGGUNG JAWAB PT.MANDALA AIRLINES YANG DINYATAKAN PAILIT DALAM HAL PENGEMBALIAN UANG TIKET CALON PENUMPANG. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.PDF

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (917kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)

Abstract

Dunia penerbangan di Indonesia semakin marak sejak kehadiran perusahaan-perusahaan penerbangan dengan konsep biaya murah (low coast carrier/low cost airlines) sejak pertengahan tahun 2000. Dampak kehadiran perusahaan-perusahaan penerbangan berbiaya murah tersebut adalah terciptanya kompetisi antar perusahaan yang sebelumnya hanya dilayani oeleh beberapa perusahaan penerbangan (airline) saja. Pentingnya transportasi tercermin pada semakin meningkatnya kebutuhan jasa angkutan bagi mobilitas orang serta barang di dalam negeri, dari dan ke luar negeri, serta berperan sebagai pendorong, dan penggerak bagi pertumbuhan daerah dan pengembangan wilayah. Beroperasinya maskapai penerbangan murah di Indonesia berdampak pada pertumbuhan penumpang angkutan udara. Sejak kebangkitan dari krisis ekonomi dan perkembangan maskapai penerbangan murah, yakni dari tahun 2001 sampai dengan 2004, penumpang pesawat udara mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Dalam kurun waktu 3 tahun telah terjadi peningkatan jumlah penumpang pesawat udara sebesar lebih dari 150%. Permasalahan tersebut membuat tantangan bagi para maskapai penerbangan, bahkan tidak jarang persaingan seperti ini berakibat pada pailitnya „‟Perusahaan Maskapai‟‟ karena kalah bersaing. Hal tersebut akhirnya berdampak pada kerugian konsumen. Menggunakan meteode pendekatan yuridis normatif dengan cara meneliti bahan pustaka atau bahan sekunder yang akan dikumpulkan serta dianalisa dan diteliti. Penelitian ini mengandung teori-teori yang diperoleh dari bahan pustaka dengan pendekatan deskriptif analitis yang dilakukan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai yang selanjutnya akan dihubungkan dengan teori-teori, dan praktik implementasi penyelesaian terkait ganti rugi kepada konsumen.

Item Type: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1410611119] [Ketua Penguji: Dwi Desi Yayi Tarina] [Penguji I: Sulastri] [Penguji II/Pembimbing:Andriyanto Adhi Nugroho ]
Uncontrolled Keywords: penerbangan, maskapai, tanggungjawab, konsumen
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Hukum (S1)
Depositing User: Zahra Nasution
Date Deposited: 01 Nov 2019 10:30
Last Modified: 06 Dec 2019 06:30
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item