PENGARUH PLYOMETRIC TRAINING TERHADAP PENINGKATAN BALANCE PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMK YAYASAN PENDIDIKAN UMAT ISLAM JAKARTA

Fadya Virdausa Ammari, - (2018) PENGARUH PLYOMETRIC TRAINING TERHADAP PENINGKATAN BALANCE PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMK YAYASAN PENDIDIKAN UMAT ISLAM JAKARTA. Tugas Akhir thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (771kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (976kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (976kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (991kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (856kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Keseimbangan merupakan salah satu aspek penting yang diperlukan dalam sepakbola untuk meningkatkan kerja otot sehingga dapat mengurangi risiko cedera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh plyometric training terhadap peningkatan balance pada Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMK Yayasan Pendidikan Umat Islam Jakarta. Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan pre-post test control group design. Sampel penelitian ini adalah pemain Ekstrakurikuler Sepakbola SMK Yayasan Pendidikan Umat Islam Jakarta dengan jumlah sampel 32 orang dengan teknik random sampling. Kelompok perlakuan berjumlah 16 orang siswa dan kelompok kontrol berjumlah 16 orang siswa. Hasil perhitungan hipotesis kelompok perlakuan, diketahui bahwa rerata balance mengalami peningkatan sebesar 0,080 ± 0,0064 setelah pelatihan metode plyometric training dengan nilai probabilitas uji kemaknaan (0,005) lebih kecil dari α (p<0,05). Rerata balance pada kelompok kontrol mengalami penurunan sebesar 0,071 ± 0,0084 setelah tidak diberikan pelatihan metode plyometric training dengan nilai kemaknaan (0,005) lebih kecil dari α (p<0,05). Hal ini membuktikan bahwa pelatihan metode plyometric training dapat meningkatkan balance pada siswa ekstrakulikuler sepakbola.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir)
Additional Information: [No. Panggil: 1510702015] [Ketua Penguji: Sri Yani] [Penguji I: Heri Wibisono] [Penguji II (Pembimbing): Agustiyawan]
Uncontrolled Keywords: Balance, Plyometric training, Star Excursion Balance Test
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Fisioterapi (DIII)
Depositing User: Uus Rusdiana
Date Deposited: 28 Nov 2019 09:40
Last Modified: 28 Nov 2019 09:40
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/4571

Actions (login required)

View Item View Item