BUDAYA PERUSAHAAN DAN KINERJA PEMASARAN: studi komparatif bank muamalat dan BNI syariah

Muhammad Anwar Fathoni, - (2017) BUDAYA PERUSAHAAN DAN KINERJA PEMASARAN: studi komparatif bank muamalat dan BNI syariah. Cakrawala Budaya, Jakarta. ISBN 978-602-1349-27-4

[img] Text
Budaya Perusahaan dan Kinerja Pemasaran Studi Komparatif Bank Muamalat dan BNI Syariah_Muhammad Anwar Fathoni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui topologi budaya perusahaan perbankan syariah serta strategi dan kinerja pemasarannya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya perusahaan perbankan syariah terhadap strategi dan kinerja pemasarannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode campuran (mixed method). Penelitian ini juga merupakan studi komparatif antara Bank Muamalat dan BNI Syariah. Objek penelitian ini adalah tipologi budaya perusahaan bank syariah dan kinerja pemasarannya. Data primer diperoleh melalui survei dan wawancara terhadap karyawan bank syariah tersebut. Sedangkan data sekunder diperoleh dari doku - mentasi laporan tahunan, buku dan artikel di jurnal ilmiah serta sumber informasi lainnya yang relevan dengan penelitian. Penelitian ini membuktikan bahwa budaya perusahaan perbankan syariah yang mengakomodir ajaran Islam (Islamic teaching) memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasarannya. Semakin kuat budaya perusahaan tersebut, maka semakin baik kinerja pemasarannya. Penelitian ini mendukung Md. Mahabub Alom dan Md. Shariful Haque (2011) dan Norhayati Zakaria dan Asmat-Nizam Abdul-Talib (2010) yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam budaya perusahaannya dalam merumuskan strategi pemasaran. Penelitian ini tidak sependapat dengan Yusniza Kamarulzaman dan Azian Madun (2013) yang mengatakan bahwa aktivitas pemasaran berdasarkan agama tidak efektif untuk menarik pelanggan. Mereka menyimpulkan juga bahwa metode pemasaran yang digu nakan oleh perbankan konvensional lebih efektif karena lebih mengedepankan penyajian informasi lebih len gkap yang dibutuhkan oleh konsumen. Begitu juga dengan Isabel Antunes, dkk. (2013) dan Adam Acar, dkk. (2011) yang menyimpulkan bahwa pemasaran yang menggunakan konsep marketing mix dan konsep lainnya yang hanya berorientasi pada maksimalisasi keuntungan adalah strategi paling efektif untuk mencapai target pemasaran. Konsep pemasaran seperti ini hanya fokus pada maksimalisasi keuntungan tanpa memperdulikan nilai dan norma dalam menjalankan bisnis.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Budaya Perusahaan, Strategi Pemasaran, Kinerja Pemasaran, Perbankan Syariah
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Muamar Khadafi
Date Deposited: 19 Jun 2019 03:58
Last Modified: 19 Jun 2019 04:05
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item