TINJUAN YURIDIS TANGGUNGJAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN AKIBAT PENGARUH IKLAN

Chrismianti, - (2013) TINJUAN YURIDIS TANGGUNGJAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN AKIBAT PENGARUH IKLAN. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (293kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (847kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (907kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (458kB)

Abstract

Terdapat beberapa tanggung jawab dari pelaku usaha atas produk-produk yang diklankan, yaitu Contractual liability atau tanggung jawab perdata atas dasar perjanjian atau kontrak dari pelaku usaha atas kerugian yang dialami konsumen akibat mengkonsumsi barang yang dihasilkan, Product liability atau tanggung jawab perdata terhadap produk secara langsung dari pelaku usaha atas kerugian yang dialami konsumen akibat menggunakan produk yang dihasilkan. Pertanggung jawaban produk tersebut didasarkan pada Perbuatan Melawan Hukum (tortius liability). Unsur-unsur dalam tortius liability antara lain adalah unsur perbuatan melawan hukum, kesalahan, kerugian dan hubungan kasualitas antara perbuatan melawan hukum dengan kerugian yang timbul. Professional liability atau tanggung jawab pelaku usaha sebagai pemberi jasa atas kerugian yang dialami konsumen sebagai akibat memanfaatkan atau menggunakan jasa yang diberikan, serta Criminal liability atau pertanggung jawaban pidana dari pelaku usaha sebagai hubungan antara pelaku usaha dengan negara. Sementara itu konsumen pun yang merasa dirugikan akibat iklan bisa melakukan upaya hukum, menurut Pasal 45 ayat (1) UUPK yaitu ”Setiap konsumen yang dirugikan dapat mengugat pelaku usaha melalui lembaga yang bertugas menyelesaikan sengketa antara konsumen danpelaku usaha atau melalui peradilan yang berada di lingkungan peradilan umum.” Kemudian menurut Pasal 47 UUPK ”Penyelesaian sengketa konsumen di luar pengadilan diselenggarakan untuk mencapai kesepakatan mengenai bentuk dan besarnya ganti rugi dan/atau mengenai tindakan tertentu unutuk menjamin tidak akan terjadi kembali atau tidak akan terulang kembali kerugian yang diderita oleh konsumen. Dengan demikian dasar hukum atas perlindungan konsumen ini tertuang dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 0920612014] [Penguji Utama: Erni Agustina] [Penguji Lembaga: Djamhari Hamza] [Penguji Skripsi: Suherman]
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Pelaku Usaha (Perlindungan Konsumen)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Hukum (S1)
Depositing User: Zahra Nasution
Date Deposited: 28 Nov 2019 07:02
Last Modified: 28 Nov 2019 07:02
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/4231

Actions (login required)

View Item View Item