PERTANGGUNGJAWABAN ANGKUTAN BERBASIS ONLINE TERHADAP KERUSAKAN BARANG KONSUMEN DALAM JASA PENGIRIMAN GRABEXPRESS

Marcella Agustia Lestari, - (2019) PERTANGGUNGJAWABAN ANGKUTAN BERBASIS ONLINE TERHADAP KERUSAKAN BARANG KONSUMEN DALAM JASA PENGIRIMAN GRABEXPRESS. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (962kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (870kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (6MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab perusahaan angkutan berbasis online dalam layanan jasa pengiriman barang terhadap konsumen yang telah dirugikan akibat kerusakan barang karena adanya kelalaian atau itikad buruk driver atau mitra dari angkutan berbasis online. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif. Sumber data yang diperoleh dari literatur-literatur, karya tulis ilmiah, dan perundang-undangan yang berlaku serta wawancara dengan pihak Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perusahaan angkutan berbasis online dalam layanan jasa pengiriman barang yang berperan sebagai pelaku usaha dalam menjalankan usahanya mempunyai kewajiban dan tanggung jawab yang sesuai dengan UndangUndang No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Adapun upaya hukum yang dapat ditempuh oleh konsumen yang telah dirugikan akibat kehilangan barang yaitu melalui jalur non litigasi atau di luar pengadilan yaitu melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen karena melalui jalur ini konsumen dapat menyelesaikan sengketanya dengan waktu yang relatif cepat, biaya hemat, dan kerahasiaan konsumen terjamin. Selain itu apabila jalur non litigasi gagal dilakukan dapat dilakukan upaya penyelesaian melalui litigasi atau melalui pengadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510611095] [Ketua Penguji: Dwi Desi Yayi Tarina] [Anggota I: Dwi Aryanti Ramadhani] [Anggota II: Andriyanto Adhi Nugroho]
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban, Konsumen, Penyelesaian Sengketa.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Hukum (S1)
Depositing User: Zahra Nasution
Date Deposited: 28 Nov 2019 06:58
Last Modified: 28 Nov 2019 06:58
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/4223

Actions (login required)

View Item View Item