PERANCANGAN KAPAL CONTAINER 18000 DWT DENGAN KECEPATAN 12 KNOT RUTE PELAYARAN RIAU (DUMAI) – JAKARTA (TANJUNGPRIOK)

Daniel Boy Gultom, - (2018) PERANCANGAN KAPAL CONTAINER 18000 DWT DENGAN KECEPATAN 12 KNOT RUTE PELAYARAN RIAU (DUMAI) – JAKARTA (TANJUNGPRIOK). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (881kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (285kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (805kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (837kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (281kB)

Abstract

Seiring dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka berkembanglah suatu sistem yang efektif dan efisien untuk pengangkutan barang melalui laut. Yaitu dengan sistem container. Adanya sistem container ini maka pengangkutan barang melalui laut lebih berdaya guna sehingga apa yang diharapkan konsumen dapat terwujud, yaitu hemat biaya dan waktu, keamanan terjamin serta daya muat lebih banyak. Oleh karena itu sistem container menjadi pilihan utama di setiap Negara untuk pengangkutan barang melalui laut.Petikemas (container) adalah suatu kemasan yang dirancang secara khusus dengan ukuran tertentu, dapat dipakai berulang kali, dipergunakan untuk menyimpan dan sekaligus mengangkut muatan yang ada di dalamnya. Filosopi dibalik dibalik petikemas ini adalah adanya kemasan yang terstandar yang dapat dipindah-pindahkan ke berbagai moda transportasi laut dan darat dengan mudah seperti kapal laut, kereta api, truk atau angkutan umum lainnya sehingga transportasi ini efisien, cepat , aman dan memungkinkan dipindahkan dari pintu ke pintu atau (door to door) Ukuran utama yang dihasilkan dari perhitungan adalah Loa: 162,06 Lpp: 154,90 m, Lwl: 159,54 m, B: 21,67 m, T: 9,16 m, H: 12,22 m. Dari hasil hidrostatik, kapal container ini mempunyai displacement 24575,17 Ton, Cb 0,71. Pada tinjauan stabilitas, hasil menunjukkan kapal stabil, karena titik M diatas titik G.. Pada tinjauan gambar rencana umum, kapal container memiliki space yang cukup untuk mempermudah proses bongkar muat. Kapal Container ini menggunakan 1 buah mesin penggerak kapal dengan daya 5760 HP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1410313018] [Ketua Penguji: Bambang Sudjasta] [Penguji 1: M. Rusdy Hatuwe] [Penguji 2: Iswadi Nur]
Uncontrolled Keywords: Kapal Container, Container, 9000 DWT, Perancangan, rencana umum kapal, Kayu mebel
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Perkapalan (S1)
Depositing User: Muchamad Reza Pahlawan
Date Deposited: 28 Nov 2019 03:12
Last Modified: 28 Nov 2019 03:12
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/4152

Actions (login required)

View Item View Item