PERANCANGAN KAPAL BULKCARRIER 15820 DWT KECEPATAN 12 KNOT UNTUK PENGIRIMAN BATUBARA DENGAN RUTE PELAYARAN PELABUHAN SAMARINDA – PELABUHAN TANJUNG MAS

Muhammad Agung Saipuloh, - (2018) PERANCANGAN KAPAL BULKCARRIER 15820 DWT KECEPATAN 12 KNOT UNTUK PENGIRIMAN BATUBARA DENGAN RUTE PELAYARAN PELABUHAN SAMARINDA – PELABUHAN TANJUNG MAS. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (859kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (938kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (6MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (775kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (878kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (3MB)

Abstract

Semakin meningkatnya akan kebutuhan listrik di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Memaksa pihak Pemerintah untuk menyediakan daya listrik yang lebih. Dengan cara membangun PLTU Tanjung Jati B selaku pembangkit Listrik di Jawa Tengah. Banyaknya daya listrik yang dibutuhkan berbanding lurus dengan penggunaan bahan bakar PLTU tersebut yaitu batubara. Distribusi batubara yang selama ini dikirim dari Kalimantan tengah tidak selalu lancar, seiring meningkatnya kebutuhan bahan bakar PLTU tidak sesuai dengan jumlah kapal pengangkut batubara yang ada di indonesia yang telah menyebabkan terhambatnya pasokan batubara untuk PLTU Tanjung Jati B. Skripsi ini bertujuan untuk merancang kapal Bulk Carrier yang berfungsi untuk pendistribusian batubara dari Kalimantan Tengah ke Jawa Tengah baik dalam keadaan cuaca baik maupun dalam keadaan cuaca buruk. Perancangan kapal ini diawali dengan pengumpulan data kapal pembanding yang kemudian di koreksi sesuai perhitungan yang mendekati tabel coefisien atau tabel perhitungan standar umum dari sebuah kapal, dari Perhitungan tersebut didapatkan kapal yang memenuhi peraturan – peraturan yang berlaku, serta parameter yang telah ditentukan. Dari hasil Perhitungan didapatkan kapal dengan 15820 Dwt, (Loa) = 142,76 m (Lpp) = 132,19 m, (Lwl) = 136,16 m, (B) = 21,59 m, (H) = 11,45 m, (T) = 9,09 m, (Cb) = 0,77 dengan kecepatan 11,6 knot.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1410713013] [Ketua Penguji: Mohamad Rusdy Hatuwe] [Penguji I: Bambang Sudjasta] [Penguji II: Purwo Joko Suranto]
Uncontrolled Keywords: Batubara, Bulk Carrier, Kalimantan Tengah - Jawa Tengah, Listrik, Perancangan Kapal
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Perkapalan (S1)
Depositing User: Muchamad Reza Pahlawan
Date Deposited: 28 Nov 2019 03:07
Last Modified: 28 Nov 2019 03:07
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/4149

Actions (login required)

View Item View Item