PENGARUH KAMPANYE “KELUARGA BERENCANA MELAHIRKAN KEBAHAGIAAN” TERHADAP PERILAKU IBU PASCA PERSALINAN (Survei Pada Ibu-Ibu Di Kelurahan Cilincing Rw 08 Jakarta Utara)

Monica Riska Napitupulu, - (2018) PENGARUH KAMPANYE “KELUARGA BERENCANA MELAHIRKAN KEBAHAGIAAN” TERHADAP PERILAKU IBU PASCA PERSALINAN (Survei Pada Ibu-Ibu Di Kelurahan Cilincing Rw 08 Jakarta Utara). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (414kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)

Abstract

Penguatan untuk mengikuti program keluarga berencana sangat penting sebagai salah satu upaya menjaga jarak antar kelahiran. Lewat kampanye melahirkan kebahagiaan, DKT Indonesia menekankan kembali arti pentingnya mengikuti program keluarga berencana pasca persalinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kampanye keluarga berencana melahirkan kebahagiaan terhadap perilaku ibu pasca persalinan. Populasi pada penelitian ini adalah di Kelurahan Cilincing RW 08 Jakarta Utara dengan total Pasangan Usia Subur 562 orang. Melalui teknik Cluster Sampling (area sampling), sampel yang diambil hanya 85 responden yang disederhanakan menggunakan rumus Slovin. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah Model Komponensial Kampanye. Kampanye Melahirkan Kebahagiaan diukur berdasarkan empat (4) dimensi yaitu dimensi sumber kampanye, saluran, pesan, dan penerima kampanye. Perilaku ibu pasca persalinan juga diukur berdasarkan tiga (3) dimensi yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil uji regresi diketahui sebesar 0,589 yang mempunyai arti bahwa setiap penambahan satu kali untuk kampanye keluarga berencana melahirkan kebahagiaan maka perilaku masyarakat meningkat sebesar 0,589. Sebaliknya jika negatif kampanye keluarga berencana melahirkan kebahagiaan menurun sebesar 0,589. Hasil uji hipotesis t hitung 8,967 > t table 1,989 maka Ho ditolak dan Ha diterima (besar pengaruh).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1410411136] [Pembimbing Utama: Rini Riyantini] [Pembimbing Pendamping: Ratu Laura Mulia Baskara]
Uncontrolled Keywords: Kampanye Melahirkan Kebahagiaan, Perilaku, Pasca persalinan, Model Komponensial Kampanye
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 28 Nov 2019 02:12
Last Modified: 28 Nov 2019 02:12
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3859

Actions (login required)

View Item View Item