Ramadhan Farhan Fadillah, . (2025) ANALISA LINEAR HYDRODYNAMIC DERIVATIVE MENGGUNAKAN VIRTUAL CAPTIVE MODEL PADA BERBAGAI KONDISI KEDALAMAN LAUT. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
AWAL.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (793kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (0B) |
![]() |
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (123kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (2MB) |
![]() |
Text
ARTIKEL KI.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
![]() |
Text
HASIL PLAGIARISME.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis derivatif hidrodinamik linear menggunakan model virtual captive berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk menginvestigasi pengaruh kedalaman laut terhadap manuver kapal. Objek studi adalah model kapal kontainer KRISO Container Ship (KCS) skala 1:31.6. Metodologi mencakup simulasi multi-phase dengan model turbulensi k-ω SST. Variasi kedalaman laut direpresentasikan oleh rasio H/d (tinggi air/draft kapal) pada 1.2, 1.4, 1.6, 1.8, dan 4. Drift angle diuji dari 0 hingga 12 derajat, dengan kecepatan konstan 2.196 m/s. Validasi data menunjukkan deviasi di bawah 5% terhadap data eksperimental resistansi kapal KRISO. Studi independensi mesh memilih 2.6 juta sel untuk akurasi dan efisiensi. Hasil menunjukkan peningkatan gaya lateral (Y) dan momen oleng (N) seiring penurunan kedalaman air dan peningkatan drift angle. Ini disebabkan oleh menguatnya blockage effect. Derivatif hidrodinamik tidak menunjukkan tren linear; magnitudo mencapai puncak pada H/d = 1.4, lalu sedikit menurun pada H/d = 1.2 karena dominasi cushioning effect. Ini mengindikasikan kapal lebih stabil arah di perairan dangkal, namun juga lebih "kaku" dan "lamban" dalam bermanuver. Penelitian ini mengkonfirmasi validitas metode virtual captive model untuk ekstraksi derivatif hidrodinamik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No Panggil: 2110313023] [Pembimbing Fakhri Akbar Ayub] [Penguji 1 Purwo Joko Suranto] [Penguji 2 Fathin Muhammad Mahdhudhu] |
Uncontrolled Keywords: | Hydrodynamic Derivative, CFD, Sway force, Yawing Moment |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) V Naval Science > V Naval Science (General) V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Perkapalan (S1) |
Depositing User: | RAMADHAN FARHAN FADILLAH |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:45 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:45 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/38497 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |