ANALISA LINEAR HYDRODYNAMIC DERIVATIVE MENGGUNAKAN VIRTUAL CAPTIVE MODEL PADA BERBAGAI KONDISI KEDALAMAN LAUT

Ramadhan Farhan Fadillah, . (2025) ANALISA LINEAR HYDRODYNAMIC DERIVATIVE MENGGUNAKAN VIRTUAL CAPTIVE MODEL PADA BERBAGAI KONDISI KEDALAMAN LAUT. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (388kB)
[img] Text
AWAL.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (793kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL KI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
HASIL PLAGIARISME.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis derivatif hidrodinamik linear menggunakan model virtual captive berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk menginvestigasi pengaruh kedalaman laut terhadap manuver kapal. Objek studi adalah model kapal kontainer KRISO Container Ship (KCS) skala 1:31.6. Metodologi mencakup simulasi multi-phase dengan model turbulensi k-ω SST. Variasi kedalaman laut direpresentasikan oleh rasio H/d (tinggi air/draft kapal) pada 1.2, 1.4, 1.6, 1.8, dan 4. Drift angle diuji dari 0 hingga 12 derajat, dengan kecepatan konstan 2.196 m/s. Validasi data menunjukkan deviasi di bawah 5% terhadap data eksperimental resistansi kapal KRISO. Studi independensi mesh memilih 2.6 juta sel untuk akurasi dan efisiensi. Hasil menunjukkan peningkatan gaya lateral (Y) dan momen oleng (N) seiring penurunan kedalaman air dan peningkatan drift angle. Ini disebabkan oleh menguatnya blockage effect. Derivatif hidrodinamik tidak menunjukkan tren linear; magnitudo mencapai puncak pada H/d = 1.4, lalu sedikit menurun pada H/d = 1.2 karena dominasi cushioning effect. Ini mengindikasikan kapal lebih stabil arah di perairan dangkal, namun juga lebih "kaku" dan "lamban" dalam bermanuver. Penelitian ini mengkonfirmasi validitas metode virtual captive model untuk ekstraksi derivatif hidrodinamik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No Panggil: 2110313023] [Pembimbing Fakhri Akbar Ayub] [Penguji 1 Purwo Joko Suranto] [Penguji 2 Fathin Muhammad Mahdhudhu]
Uncontrolled Keywords: Hydrodynamic Derivative, CFD, Sway force, Yawing Moment
Subjects: Q Science > QA Mathematics
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Perkapalan (S1)
Depositing User: RAMADHAN FARHAN FADILLAH
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:45
Last Modified: 08 Aug 2025 08:45
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/38497

Actions (login required)

View Item View Item