HUBUNGAN CITRA RUMAH SAKIT DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT X TAHUN 2019

Thalia Elita Gunawan, - (2019) HUBUNGAN CITRA RUMAH SAKIT DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT X TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (471kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (982kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (859kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)

Abstract

Sejak tahun 2012 sampai 2018 jumlah rumah sakit di Indonesia meningkat sebesar rata-rata 5,2% dengan ini persaingan antara rumah sakit semakin ketat. Masyarakat menjadi semakin kritis terhadap jasa pelayanan yang diterimanya. Namun citra pelayanan kesehatan di Indonesia semakin menurun, ini dapat dilihat dari tingginya minat masyarakat untuk berobat ke luar negeri. Rumah Sakit X telah mengupayakan pelayanan yang terbaik dengan didukung fasilitas yang baik, banyak yang menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan, namun tidak sedikit yang mengungkapkan kekecewaannya. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit X pada bulan Mei sampai Juni 2019 yang bertujuan untuk mengetahui hubungan citra rumah sakit dengan loyalitas pasien dengan variabel citra rumah sakit yang diteliti adalah Corporate Identity, Physical Environment, Contact Personnel, dan Service Offering. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat inap di Rumah Sakit X pada bulan Mei 2019. Sampel pada penelitian ini sebanyak 99 responden dan teknik pengambilan sampelnya adalah Purposive Sampling. Untuk analisis data, penelitian ini menggunakan uji chi square. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara Corporate Identity (identitas perusahaan) dengan loyalitas pasien (p=0,008), tidak ada hubungan antara Physical Environment (lingkungan fisik) dengan loyalitas pasien (p=0,710), ada hubungan antara Contact Personnel (pemberi layanan) dengan loyalitas pasien (p=0,019), serta terdapat hubungan antara Service Offering (layanan yang diberikan) dengan loyalitas pasien (p=0,005). Rumah Sakit X disarankan untuk memperbaiki kualitas pelayanan, sarana, dan prasarana agar dapat meningkatkan loyalitas pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510713028] [Ketua Penguji: Dyah Utari] [Penguji I: Marina Ery Setiyawati] [Penguji II (Pembimbing): Putri Permatasari]
Uncontrolled Keywords: Citra Rumah Sakit, Contact Personnel, Corporate Identity, Loyalitas, Physical Environment, Service Offering
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1)
Depositing User: Eka Dewi
Date Deposited: 28 Nov 2019 00:55
Last Modified: 28 Nov 2019 00:55
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3624

Actions (login required)

View Item View Item