Thalia Elita Gunawan, - (2019) HUBUNGAN CITRA RUMAH SAKIT DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT X TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
AWAL.pdf Download (471kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (982kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (859kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (197kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (2MB) |
Abstract
Sejak tahun 2012 sampai 2018 jumlah rumah sakit di Indonesia meningkat sebesar rata-rata 5,2% dengan ini persaingan antara rumah sakit semakin ketat. Masyarakat menjadi semakin kritis terhadap jasa pelayanan yang diterimanya. Namun citra pelayanan kesehatan di Indonesia semakin menurun, ini dapat dilihat dari tingginya minat masyarakat untuk berobat ke luar negeri. Rumah Sakit X telah mengupayakan pelayanan yang terbaik dengan didukung fasilitas yang baik, banyak yang menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan, namun tidak sedikit yang mengungkapkan kekecewaannya. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit X pada bulan Mei sampai Juni 2019 yang bertujuan untuk mengetahui hubungan citra rumah sakit dengan loyalitas pasien dengan variabel citra rumah sakit yang diteliti adalah Corporate Identity, Physical Environment, Contact Personnel, dan Service Offering. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat inap di Rumah Sakit X pada bulan Mei 2019. Sampel pada penelitian ini sebanyak 99 responden dan teknik pengambilan sampelnya adalah Purposive Sampling. Untuk analisis data, penelitian ini menggunakan uji chi square. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara Corporate Identity (identitas perusahaan) dengan loyalitas pasien (p=0,008), tidak ada hubungan antara Physical Environment (lingkungan fisik) dengan loyalitas pasien (p=0,710), ada hubungan antara Contact Personnel (pemberi layanan) dengan loyalitas pasien (p=0,019), serta terdapat hubungan antara Service Offering (layanan yang diberikan) dengan loyalitas pasien (p=0,005). Rumah Sakit X disarankan untuk memperbaiki kualitas pelayanan, sarana, dan prasarana agar dapat meningkatkan loyalitas pasien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 1510713028] [Ketua Penguji: Dyah Utari] [Penguji I: Marina Ery Setiyawati] [Penguji II (Pembimbing): Putri Permatasari] |
Uncontrolled Keywords: | Citra Rumah Sakit, Contact Personnel, Corporate Identity, Loyalitas, Physical Environment, Service Offering |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1) |
Depositing User: | Eka Dewi |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 00:55 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 00:55 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3624 |
Actions (login required)
View Item |