ANALISIS YURIDIS PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU USAHA TERHADAP IKLAN YANG MERUGIKAN KONSUMEN (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 659 K/Pdt.Sus/2012)

Sari Mudiati Agustin, - (2016) ANALISIS YURIDIS PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU USAHA TERHADAP IKLAN YANG MERUGIKAN KONSUMEN (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 659 K/Pdt.Sus/2012). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK..pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (961kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (914kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (894kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (789kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (65kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Perlindungan Konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen. Perlindungan Konsumen merupakan masalah kepentingan manusia, oleh karenanya menjadi harapan bagi semua bangsa di dunia untuk dapat mewujudkannya. Mewujudkan perlindungan konsumen adalah mewujudkan hubungan berbagai dimensi yang satu sama lain mempunyai keterkaitan dan saling ketergantungan antara konsumen, pengusaha dan pemerintah. Kasus sengketa konsumen terkait dengan perlindungan konsumen yang dirugikan akibat iklan yang menyesatkan yang telah diadili pada Tingkat Mahkamah Agung yaitu kasus antara PT. Nissan Motor Indonesia selaku pelaku usaha melawan Ludmilla Arif selaku konsumen. Ludmilla Arif merasa dirugikan akibat ketidaksesuaian informasi terkait penggunaan bahan bakar produk PT. Nissan Motor Indonesia yang pada iklan dinyatakan irit. Putusan Mahkamah Agung Nomor 659 K/Pdt.Sus/2012 memutus bahwa PT. Nissan Motor Indonesia terbukti melanggar ketentuan Pasal 9 ayat 1 huruf k dan Pasal 10 huruf c Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen karena pelaku usaha telah menawarkan suatu janji atau kondisi yang tidak benar dan menyesatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1210612018] [Ketua Penguji: Dwi Desi Yayi Tarina] [Anggota I: Dwi Aryanti Ramadhani] [Anggota II: Andriyanto Adhi N]
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Iklan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Hukum (S1)
Depositing User: Zahra Nasution
Date Deposited: 27 Nov 2019 01:27
Last Modified: 27 Nov 2019 01:27
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3479

Actions (login required)

View Item View Item