Muhammad Dhaifullah Muafa, - (2018) ANALISA HASIL RANCANGAN SPACE FRAME SUPER HIGH DECK (SHD) PADA CHASSIS SCANIA K410IB UNTUK KAPASITAS 32 PENUMPANG. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (153kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (929kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (913kB) |
|
Text
DAFTAR PUTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (3MB) |
Abstract
Body dan chassis bus yang berukuran panjang dan besar dapat terbagi menjadi tiga bagian antar chassis depan, tengah dan belakang yang secara terpisah, kemudian dirakit kebali dengan las dan penguat tambahan di bagian yang terpasang. Kekuatan struktur chassis, space frame dan body frame bus memegang peranan yang sangat vital untuk menjamin keselamatan saat bus operasi. pada chassis Scania K410IB disematkan teknologi space frame berguna untuk menghubungkan chassis utama bagian depan dan belakang, dapat meminimalkan deformasi lentur yang mungkin disebabkan oleh beban berat yang dikenakan pada stuktur body frame. Penelitian melakukan analisa dengan memberikan beban statis pada chassis space frame menggunakan metode finite element (FEA) dengan bantuan Software computer aided design (CAD). Tujuan dalam penelitian ini adalah mendapatkan tegangan maksimum dan regangan maksimum yang terjadi pada konstruksi space frame bertipe body Super High Deck (SHD) chassis Scania K 410 IB dalam menampung beban penumpang dan barang. Pada struktur konstruksi space frame yang telah di analisa mendapatkan tegangan maksimum yang didapat dari analisa beban statis terjadi pada bahan stainless steel yaitu pada 3.125e+009N/m^2 dan defleksi yang terjadi 3.884 mm. Tegangan maksimum terjadi pada dua material carbon steel yaitu DIN1.0116St37-3U dan DIN1.0070St70-2 dengan tegangan yang didapat 3.131e+009N/m^2 dan defleksi yang terjadi pada bahan tersebut sebesar 4.058 mm. maka dapat disimpulkan hasil design space frame dari karoseri dapat lebih baik menggunakan material stainless steel DIN 1.4105. struktur kontruksi space frame dan penerapan ketiga bahan material tersebut, ini masih didapat pada batas yang ditentukan oleh karoseri yaitu 5 mm untuk defleksi terbesar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 1310311032] [Ketua Penguji/Pembimbing: Saut Siagian] [Penguji I: M.Rusdy Hatuwe] [Penguji II: M.Galbi Bethalembah] |
Uncontrolled Keywords: | analisa, chassis space frame, metode finite element |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Muchamad Reza Pahlawan |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 01:42 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 01:42 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3321 |
Actions (login required)
View Item |