Bangun Prasetiyo Wibowo, - (2018) PERANCANGAN INTAKE MANIFOLD TURBO CYCLONE 12 ULIR PADA SEPEDA MOTOR. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
AWAL.pdf Download (681kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (59kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (862kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (934kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (851kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (894kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
Abstract
Intake manifold merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang berfungsi untuk menghantar udara dan bahan bakar kesilinder atau ruang bakar. Upaya meningkatkan efisiensi motor bakar dengan menggunakan Turbo Cyclone. Turbo cyclone adalah alat yang berfungsi memberikan tambahan waktu pencampuran antara udara dan bahan bakar. Konsekuensi logis yang muncul melakukan penyesuaiaan terhadap perancangan intake turbo cyclone pada sepeda motor dengan menambahkan sebanyak 12 ulir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan sebuah rancangan aliran udara yang memberikan tambahan waktu pencampuran antara udara dan bahan bakar sehingga menjadi aliran turbulen untuk mendapatkan percampuran udara dan bahan bakar semakin baik. Dengan menentukan perbandingan Daya dan Torsi sepeda motor setelah menggunakan intake turbo cyclone.Perancangan yang dibuat dilakukan dengan serangkaian pengukuran yaitu mengukur diameter, panjang, tinggi, lubang baut, diameter inlet dan outlet intake manifold Daya yang di hasilkan dengan menggunakan Turbo Cyclone secara rata-rata menghasilkan daya sebesar 0,4 % lebih tinggi dari daya yang di hasilkan untuk standar. Jika di lihat dari peningkatan daya tersebut tidaklah signifikan. Walaupun demikian hasil ini menunjukan bahwa ada pengaruh aliran turbulen, sehingga percammpuran bahan bakar menjadi lebih baik. Untuk menghasilkan aliran turbulen yang lebih baik di pengaruhi oleh sejumlah factor yaitu aliran udara dan hubungannya dengan bahan bakar. Untuk menghasilkan peningkatan daya yang lebih signifikan, maka perlu di lakukan pengujian terhadap variasi dari sejumlah ulir yaitu di mulai dari jumlah 8, 9, 10, 11, dan 12 ulir. Dari variasi tersebut dapat di ketahui pada jumlah berapa yang akan menghasilkan aliran turbulen yang lebih baik sehingga daya yang di hasilkan jadi lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 1310311019] [Ketua Penguji: Saut Siagian] [Penguji I: Muhammad Rusdy Hatuwe] [Penguji II (Pembimbing): Muhammad Galbi Bethalembah] |
Uncontrolled Keywords: | Intake Manifold, Turbo Cyclone |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Muchamad Reza Pahlawan |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 06:49 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 06:49 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/3315 |
Actions (login required)
View Item |