PENGARUH VARIASI PENEMPATAN BATERAI TERHADAP STABILITAS DAN OLAH GERAK PADA KAPAL NELAYAN BERTENAGA LISTRIK

Kemal Moza Atallah, . (2024) PENGARUH VARIASI PENEMPATAN BATERAI TERHADAP STABILITAS DAN OLAH GERAK PADA KAPAL NELAYAN BERTENAGA LISTRIK. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (242kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (568kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (605kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
HASIL PLAGIARISME.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
ARTIKEL KI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)

Abstract

Kapal nelayan yang ada saat ini umumnya masih menggunakan bahan bakar fosil sebagai sumber daya utama, dimana bahan bakar fosil diprediksi akan habis dalam 40-45 tahun mendatang serta dapat merusak lingkungan. Nelayan mulai didorong untuk menggunakan sumber energi lain salah satunya adalah listrik dengan baterai sebagai wadah penyimpanan. Baterai yang memiliki dimensi dan berat yang besar perlu dilakukan analisis penempatannya diatas kapal dan pengaruhnya terhadap stabilitas dan olah gerak pada kapal. Skripsi ini akan membahas hal tersebut pada kapal nelayan di wilayah Kabupaten Morowali Utara dengan membagi 42 baterai yang digunakan menjadi 2 sampai 3 blok dan menempatkan blok-blok tersebut pada posisi yang berbeda beda dan menghasilkan 3 variasi penempatan baterai dengan masing-masing adalah VaB1,VaB2, dan VaB3. Serta dengan 3 kondisi muatan yang berbeda-beda. Simulasi stabilitas yang dilakukan pada perangkat lunak maxsurf stability menunjukkan bahwa VaB1 memiliki luasan area dibawah kurva stabilitas 3% lebih besar dibanding VaB1 dan VaB2. Sementara untuk simulasi olah gerak kapal pada perangkat lunak ansys AQWA menunjukkan bahwa VaB3 memiliki nilai RAO yang lebih konsisten dibandingkan VaB1 dan VaB2 dan dapat diasumsikan berdasarkan hasil tersebut bahwa VaB3 merupakan variasi paling optimal. Jika olah gerak dan stabilitas kapal diperhitungkan secara bersamaan maka variasi paling optimal adalah VaB3 karena memiliki olah gerak yang konsisten dan stabilitas yang baik meskipun tidak sebaik milik VaB1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No.Panggil: 2010313030] [Pembimbing: . Wiwin Sulistyawati, ] [Penguji 1: Amir Marasabessy, ] [Penguji 2: Fajri Ashfi Rayhan]
Uncontrolled Keywords: Kapal Nelayan, Baterai, Stabilitas, Olah gerak.
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Perkapalan (S1)
Depositing User: Kemal Moza Atallah
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:36
Last Modified: 28 Feb 2024 07:36
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/29082

Actions (login required)

View Item View Item