PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT OPERASIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. MAJU MAPAN CITRA INDUSTRI

Aprilia Clara Handrianty, - (2017) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT OPERASIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. MAJU MAPAN CITRA INDUSTRI. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (882kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (945kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (863kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (962kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)

Abstract

Dalam persaingan bisnis saat ini, banyak perusahaan sudah mulai menerapkan beberapa cara agar dapat terus bersaing dalam pasar global, selain dengan mengikuti perkembangan teknologi, cara lain yang digunakan adalah dengan menerapkan Customer Relationship Management untuk mempererat hubungan antara perusahan dan pelanggan. Salah satunya adalah CRM Operasional yang berfokus pada otomatisasi pemasaran, penjualan dan layanan. Dalam persaingan ini CRM Operasional berperan penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Namun saat ini PT. Maju Mapan Citra Industri ini belum menerapkan CRM Operasional secara sistematis. Untuk itu perlu dikembangan sistem informasi Customer Relationship Management Operasional pada PT. Maju Mapan Citra Industri. Adapun pengembangan sistem ini menggunakan metode Waterfall, analisis sistem dengan menggunakan PIECES, rancangan sistem menggunakan UML meliputi Use Case Diagram, Activity Diagram dan Sequence Diagram, framework untuk tampilan web menggunakan Bootstrap dan bahasa pemrograman PHP. Penelitian ini membuktikan bahwa Sistem Informasi Customer Relationship Management Operasional dapat memberikan akses data pelanggan dan data history pelanggan kepada marketing representative, memberikan layanan feedback dan informasi yang jelas kepada pelanggan, sehingga kepuasan pelanggan pada PT. Maju Mapan Citra Industri semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1310512052] [Ketua Penguji: Erly Krisnanik] [Penguj I: Rio Wirawan] [Pembimbing: Kraugusteeliana]
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, CRM Operasional, Waterfall, UML, Kepuasan Pelanggan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Daniel Parlindungan
Date Deposited: 25 Nov 2019 08:46
Last Modified: 25 Nov 2019 08:46
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2753

Actions (login required)

View Item View Item