Herlambang Prasetia Nugraha, - (2012) ANALISIS PENGGUNAAN BAHAN BAKAR PREMIUM DAN LPG TERHADAP KERUSAKAN MINYAK PELUMAS PADA MOTOR BENSIN. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
AWAL.pdf Download (192kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (19kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (793kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (955kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (3MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (783kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (779kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (236kB) |
Abstract
Dewasa ini pelumasan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari mesin. Pelumasan dibutuhkan mesin untuk melindungi komponen-komponen mesin dari keausan.Tidak mungkin bisa dihindari adanya bagian-bagian yang saling bergesekan, seperti dikepala silinder terdapat unit katup, rocker arm dan valve(klep), ditengah silinder blok terdapat poros engkol,semua komponen tersebut memerlukan pelumasan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen pada sepeda motor berbahan bakar yang berbeda yaitu premium dan lpg,serta mengunakan minyak pelumas yang sama yaitu PrimaXP SAE 20-50W.Mesin tersebut diuji selama 50 jam,dan diambil sampel minyak pelumas pada 0 jam dan 50 jam untuk kemudian dianalysis dilaboratorium.Hasil pengujian pada new oil memiliki nilai viskositas 17.82 bila dibandingkan dengan used oil terjadi penurunan viskositas pada pelumas berbahan bakar Premium mencapai 7%,sedangkan pada lpg yaitu 11% sehingga dapat mengalami keausan yang melibatkan kehilangan material akibat adanya gesekan.Kandungan logam pada pelumas didominasi oleh kandungan Iron dan Aluminium.Kandungan Iron tertinggi pada pelumas yang berbahan bakar Premium mencapai 62,5%,sedangkan lpg mencapai 45%.Kandungan Aluminium tertinggi terdapat pada pelumas berbahan bakar Premium yaitu 75%,sedangkan pada lpg mencapai 40%.Kandungan logam kedua bahan bakar masih dalam batas yang diijinkan,disarankan untuk top up 20%-30% untuk memperbaiki kekentalan pelumas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 0810311015] [Penguji Utama: Saut Siagian] [Penguji I: Yuhani Djaja] [Dosen Pembimbing: Muhamad As'adi] |
Uncontrolled Keywords: | motor bensin,Pelumas,Keausan,Bensin,Lpg |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Muchamad Reza Pahlawan |
Date Deposited: | 23 Nov 2019 03:54 |
Last Modified: | 23 Nov 2019 03:54 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2323 |
Actions (login required)
View Item |