KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM IKLAN: ANALISIS ISI PESAN BUKALAPAK “BAYAR PAJAK KENDARAAN LEBIH CEPAT LEWAT E- SAMSAT BUKAJABAR”

Hafiz Fadillah, - (2019) KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM IKLAN: ANALISIS ISI PESAN BUKALAPAK “BAYAR PAJAK KENDARAAN LEBIH CEPAT LEWAT E- SAMSAT BUKAJABAR”. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (746kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (864kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (941kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (46kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (659kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan perusuasif pada iklan bukalapak “bayar pajak lebih cepat lewat e-samsat bukajabar” di media digital yaitu yotube. Penulis menganalisis isi atau konten dari iklan tersebut dengan rumusan masalah penelitian yaitu seberapa besar kontribusi pesan persuasif iklan bukalapak “bayar pajak lebih cepat lewat e-samsat bukajabar” dalam meningkatkan pelayanan pajak”. Penelitian ini menggunakan konsep pesan persuasif dengan dimensinya yaitu satu sisi-dua sisi, klimaks-anti klimaks, recency-primacy, eksplisit-implisit. Metodologi penelitian ini adalah analisis isi deskriptif kuantitatif dengan formula holsti untuk pengujian realibilitasnya antar coder. Dalam prosesnya, formula tersebut membutuhkan dua coder yang penulis tetapkan adalah penulis sebagai coder pertama lalu coder kedua yaitu Naufal khatiri selaku mahasiswa komunikasi konsentrasi iklan. Hasil penelitian disini menunjukan dari segi dimensi konsep yang sudah ada, iklan bukalapak kuat pada dimensi eksplisit-implisit disini iklan bukalapak membuat masyarkat yang menyaksikan iklan tersebut dapat langsung menyimpulkan makna yang ada. Lalu iklan bukalapak dari segi recency-primacy sangat rendah karena iklan ini tidak mengandung pesan dua sisi menurut kedua coder. Kesimpulan dan saran penelitian ini adalah bagi pihak bukalapak khususnya dalam iklannya, diharapkan agar dalam membuat konten pesan didalam sebuah iklan khususnya untuk pesan persuasifnya lebih dikuatkan lagi agar dapat menarik untuk masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510411106] [Pembimbing Utama: Rini Riyantini] [Pembimbing Pendamping: Ratu Nadya W]
Uncontrolled Keywords: Pesan persuasif, analisis isi
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Hidayah Husnul Khotimah
Date Deposited: 19 Nov 2019 03:46
Last Modified: 19 Nov 2019 03:46
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/2165

Actions (login required)

View Item View Item