ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DENGAN KUALITAS PELAYANAN POLI PENYAKIT DALAM DI RSUD KOTA DEPOK TAHUN 2017

Firdha Asri Rizar Ibrahim, - (2017) ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DENGAN KUALITAS PELAYANAN POLI PENYAKIT DALAM DI RSUD KOTA DEPOK TAHUN 2017. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (706kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (979kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (858kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan Peraturan Menteri pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 16 tahun 2014 tentang pedoman survey kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan publik wajib melakukan survey kepuasan masyarakat minimal 1 tahun sekali. Penelitian ini di lakukan untuk melihat gambaran karakteristik reponden serta hubungan antara kepuasan pasien BPJS di poliklinik penyakit dalam dengan dimensi kemampuan,sikap,penampilan,perhatian,tindakan dan tanggung jawab dari Tenaga kesehatan. Gambaran karakteristik responden di RSUD Kota Depok mayoritas jenis kelamin pasien yang ada di poliklinik penyakit dalam perempuan yaitu 54 %, dan mayoritas usia rseponden yaitu 29-35. Sedangkan untuk pekerjaan yaitu pekerjaan lainnya sebesar 59%. Dipoliklinik penyakit dalam mayoritas pasien dengan kepesertaan BPJS PBI 57%. Dan untuk pendidikan terakhir responden,mayoritas pendidikannya adalah SMA 34%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 dimensi yang berhubungan dengan kepuasan, yaitu Kemampuan p=0,00, Sikap p=0,00, Penampilan p=0,001, Perhatian p=0,000, Tindakan p=0,000, Tanggung jawab p=0,009. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 100 pasien BPJS di poliklinik penyakit dalam yang diperoleh dengan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria inklusi yang sudah di tentukan.Saran untuk RSUD Kota agar mengadakan perbaikan dari segi pelayanan nomor antrian, fasilitas ruang tunggu seperti penambahan pendingin ruangan (Kipas angin atau AC), penambahan dokter spesialis penyakit dalam agar mencegah terjadinya antrian yang terlalu lama untuk pemeriksaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1310713101] [Ketua Penguji: Asramid Yasin] [Penguji I: Agustina] [Penguji II (Pembimbing): Rafiah Maharam Pulungan]
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, BPJS, Poliklinik Penyakit Dalam
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1)
Depositing User: Uus Rusdiana
Date Deposited: 23 Nov 2019 02:10
Last Modified: 23 Nov 2019 02:10
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/1741

Actions (login required)

View Item View Item