Takmilatul Imaniyah, - (2017) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD DR.DRADJAT PRAWIRANREGARA SERANG-BANTEN TAHUN 2017. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Text
AWAL.pdf Download (646kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (973kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (979kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository UPNVJ Only Download (3MB) |
Abstract
Mutu pelayanan kesehatan merupakan suatu gambaran kesempurnaan pelayanan yang mempengaruhi kepuasan bagi setiap pasien. Menurut Data Kajian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang didapat oleh RSUD Dr.Dradjat Prawiranegara pada tahun 2016 sebesar 78,51% untuk nilai pelayanan keseluruhan sedangkan nilai indeks kepuasan pada pelayanan rawat inap sebesar 79,83%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan meliputi dimensi kehandalan, dimensi daya tanggap, dimensi jaminan, dimensi empati dan dimensi bukti fisik terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara Serang, Banten tahun 2017. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap kelas 1,2 dan 3. Secara cluster sampling. Hasil penelitian diperoleh dari 165 responden. Analisis data menggunakan uji Chi-Square (α= 0,05). Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan yang bermakna antara dimensi Kehandalan p value = 0,000 (OR 14,596), dimensi daya tanggap p value = 0,000 (OR 13,773), dimensi jaminan p value = 0,000 (OR 5,891), dimensi empati p value = 0,000 (OR 37,647), dimensi bukti fisik p value = 0,000 (OR 8,978) terhadap kepuasan pasien rawat inap. Kesimpulan yang didapat adalah dimensi mutu pelayanan kesehatan khususnya empati , daya tanggap dan jaminan terhadap kepuasan pasien merupakan dimensi yang paling rendah dan menjadi perhatian utama untuk RSUD Dr. Dradjat Prawiranegara Serang – Banten. saran yang dapat diberikan yaitu agar membuat perbaikan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan guna memenuhi harapan pasien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | [No. Panggil: 1310713082] [Ketua Penguji: Fajaria Nurcandra] [Penguji I: A. Heri Iswanto] [Penguji II (Pembimbing): Marina Ery Setiyawati] |
Uncontrolled Keywords: | Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, Rawat Inap |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1) |
Depositing User: | Uus Rusdiana |
Date Deposited: | 23 Nov 2019 02:01 |
Last Modified: | 23 Nov 2019 02:01 |
URI: | http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/1717 |
Actions (login required)
View Item |