INDONESIA DARURAT BULLYING

Diana Herlin Widiastuti Anggraini, . and Airlangga Hernadi, . and Umi Qulsum, . and Muhammad Farhan, . and Muhammad Fardan, . (2022) INDONESIA DARURAT BULLYING. [Teaching Resource] (Unpublished)

[img] Text
Kelompok 11 Natuna_INDONESIA DARURAT BULLYING_Prospektiv.pdf

Download (563kB)

Abstract

ABSTRAK Bullying didefinisikan sebagai penggunaan kekuasaan yang disengaja dan terus-menerus oleh satu atau lebih anak-anak terhadap anak lain dengan maksud untuk melukai atau menyusahkan anak itu. Di Indonesia, bullying merupakan suatu hal yang marak terjadi. Namun, sangat disayangkan bahwa bullying di Indonesia banyak terjadi di kalangan orang dewasa dan di lingkungan yang cenderung dekat, seperti lingkungan sekolah, rumah ataupun lingkungan kerja. Bullying memberikan dampak negatif yang cukup signifikan bagi korban, bahkan pelakunya pun mendapatkan dampak negatif juga. Tapi, dampak terbesar pastinya dialami oleh korban. Ada beberapa faktor yang membuat seorang anak menjadi korban bullying, yaitu anak tersebut dianggap “berbeda” oleh temannya, dianggap lemah, dan kurang populer. Jenis bullying terbagi menjadi 3, diantaranya bullying verbal, bullying fisik, dan bullying relasional. Hal yang dapat kita lakukan untuk memerangi tindakan bullying adalah membantu anak-anak untuk mengetahui apa itu bullying. Selain itu kita harus mengajarkan mereka bagaimana menanggapi bullying, cara mencari pertolongan, dan agar lebih berani untuk buka suara jika terjadi hal bullying. Cara-cara tersebut penting dilakukan sebagai tindakan preventif untuk pencegahan. Tidak hanya itu, diharapkan masyarakat juga bisa saling menghargai satu sama lain. Kata Kunci: Bullying, Indonesia, dampak

Item Type: Teaching Resource
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Diana Herlin Widiastuti Anggraini
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:46
Last Modified: 10 Jan 2022 01:46
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/15277

Actions (login required)

View Item View Item