ANALISIS SISTEM PENGINTEGRASIAN RUAS JALAN TOL JAKARTA – TANGERANG SAMPAI DENGAN RUAS TANGERANG – MERAK MENGGUNAKAN TEORI ANTRIAN DAN SIMULASI SISTEM PT. JASAMARGA CABANG JAKARTA – TANGERANG DAN PT. MARGA MANDALA SAKTI

Bintang Mohamad April, - (2017) ANALISIS SISTEM PENGINTEGRASIAN RUAS JALAN TOL JAKARTA – TANGERANG SAMPAI DENGAN RUAS TANGERANG – MERAK MENGGUNAKAN TEORI ANTRIAN DAN SIMULASI SISTEM PT. JASAMARGA CABANG JAKARTA – TANGERANG DAN PT. MARGA MANDALA SAKTI. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (862kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (9MB)

Abstract

Citra yang di bangun PT. Jasamarga dan PT. Marga Mandala Sakti sebagai pembuat jalan tol adalah jalan tol harus bebas hambatan, dimana semua elemen yang terkait harus bebas hambatan tak terkecuali pelayanan pada barrier gate. Barrier gate adalah gerbang tol pemisah antara ruas jalan tol satu dengan yang lain. Terdapat 3 barrier di ruas jalan tol Jakarta - Tangerang sampai dengan ruas Tangerang - Merak yaitu barrier gate Karang Tengah, Cikupa dan Merak. Menurut Badan Pegatur jalan tol semestinya tidak diperlukan barrier gate/gerbang pemisah di dalam jalan tol, barrier gate hanya menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kemacetan di jalan tol. Untuk itulah Badan Pengatur Jalan Tol membuat suatu sistem pengintegrasian ruas jalan tol dengan cara menghilangkan barrier gate/gerbang pemisah dan menggabungkan sistem pembayarannya sehingga PT. Jasamarga membuat beberapa Alternatif pengintegrasian untuk ruas jalan tol Jakarta - Tangerang sampai dengan ruas Tangerang - Merak untuk menghilangkan kemacetan yang di sebabkan oleh barrier gate. Dalam hal ini peneliti akan mengevaluasi dan memilih Altenatif Pengintegrasian terbaik menggunakan metode teori antrian lalu disimulasikan untuk mendapatkan panjang antrian rata - rata (Lq), Waktu menunggu antrian rata - rata (Wq) dan tingkat pemakaian gardu (Utilitas). Maka didapatkan hasil Alternatif 1 sebagai Alternatif pengintegrasian terbaik di mana panjang antian rata - rata (Lq) < 10 kendaraan dan tingkat pemakaian gardu (Utilitas) di bawah 1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1310312042] [Ketua Penguji: Jooned Hendrarsakti] [Penguji I: Donny Montreano] [Penguji II (Pembimbing): Rifa Arifati]
Uncontrolled Keywords: Integrasi jalan tol Jakarta - Tangerang - Tangerang - Merak, Simulasi, Panjang Antrian, Waktu menunggu dalam Antrian, Utilitas.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Industri (S1)
Depositing User: Muchamad Reza Pahlawan
Date Deposited: 18 Nov 2019 06:47
Last Modified: 18 Nov 2019 06:47
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item