UPAYA PENANGANAN BULLYING MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER

Muhammad Ikhsan Firmansah, . and Felita Padmadhani, . and Nadyne Agasthya Ardana, . and Malika Fitria Ramadhan, . UPAYA PENANGANAN BULLYING MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER. [Teaching Resource] (Unpublished)

[img] Text
ESSAY PROSPEKTIV BULLYING.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only until 23 December 2050.

Download (241kB)

Abstract

Bullying pertama kali dikenal sebagai “Mobbing”, istilah tersebut diperkenalkan sekitar akhir 1960-an dan awal 1970-an oleh Heinemann yang merupakan seorang ahli fisika di sebuah sekolah di Swedia. Pada saat itu, mobbing oleh para ahli diartikan sebagai serangan sekelompok hewan kepada seekor binatang. Seiring perkembangan zaman, istilah tersebut diganti menjadi bullying. Pengertian bullying menurut para ahli yaitu suatu agresi atau perilaku agresif dimana seseorang memberikan perlakuan agresif tersebut bertujuan untuk melukai atau membuat korbannya merasa tidak nyaman. Para ahli juga mengatakan, seorang anak dikatakan menjadi korban bully adalah ketika perlakuan agresif atau bentuk perlakuan negatif lainnya diberikan secara berulang, dan dalam waktu yang lama. Sedangkan pengertian bullying secara umum yaitu salah satu bentuk dari perilaku agresif dengan kekuatan dominan pada perilaku yang dilakukan berulang-ulang dengan tujuan mengganggu anak lain atau korban yang lebih lemah darinya. Definisi bullying merupakan sebuah kata serapan dari bahasa Inggris. Bullying berasal dari kata bully yang artinya penggertak, orang yang mengganggu orang yang lemah. Beberapa istilah dalam bahasa Indonesia yang seringkali dipakai masyarakat untuk menggambarkan fenomena bullying di antaranya adalah penindasan, penggencetan, perpeloncoan, pemalakan, pengucilan, atau intimidasi (Susanti, 2006).

Item Type: Teaching Resource
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Muhammad Ikhsan Firmansah
Date Deposited: 24 Dec 2021 03:52
Last Modified: 24 Dec 2021 03:52
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/14740

Actions (login required)

View Item View Item