OPTIMASI TRAFFIC ASSIGNMENT TERHADAP JARINGAN JALAN UNTUK MEMINIMALKAN VEHICLE KILOMETERS OF TRAVEL (VKT)

Muhammad Faiz Fatah, - (2019) OPTIMASI TRAFFIC ASSIGNMENT TERHADAP JARINGAN JALAN UNTUK MEMINIMALKAN VEHICLE KILOMETERS OF TRAVEL (VKT). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (942kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (901kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (780kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (134kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository UPNVJ Only

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan sistem transportasi memiliki tujuan untuk menciptakan suatu sistem transportasi yang nyaman untuk digunakan. Dalam perancangan transportasi, para perancang kota memiliki sebuah model yang dinamakan Travel Demand Forecasting yang memiliki 4 tahapan, yaitu Trip Generation, Trip Distribution, Modal Choice Analysis, dan Traffic Assignment. Pada tahap traffic assignment, dilakukan alokasi jumlah pergerakan lalu lintas ke jaringan jalan, menggunakan algoritma-algoritma traffic assignment. Setelah jumlah pergerakan lalu lintas dialokasikan, dilakukan perhitungan performa untuk menentukan tingkat kualitasnya. Salah satu indikator performa yang dapat digunakan adalah Vehicle Kilometers of Travel (VKT). Tujuan dari penelitian ini adalah mengoptimasi algoritma dalam traffic assignment untuk meminimalkan VKT. Terdapat dua algoritma traffic Assignment yang diterapkan dalam penelitian ini terhadap data yang sama, yaitu algoritma All-or-Nothing (AoN) dan Diversion. Algoritma AoN menghitung VKT tanpa memperhitungkan beban jalan, sedangkan algoritma Diversion menghitung VKT dengan memperhitungkan beban jalan. Hasil VKT kedua algoritma disetarakan dengan memperhitungkan beban jalan pada kedua algoritma. Hasil VKT yang sudah memperhitungkan beban jalan pada kedua algoritma menunjukkan algoritma Diversion meningkatkan solusi optimal sebesar 4,864%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: [No. Panggil: 1510511022] [Ketua Penguji: Didit Widiyanto] [Pembimbing I: Vini Indriasari] [Pembimbing II: Ika Nurlaili]
Uncontrolled Keywords: Traffic Assignment, Vehicle Kilometer Traveled, All-or-Nothing, Diversion
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Program Studi Informatika (S1)
Depositing User: Daniel Parlindungan
Date Deposited: 20 Nov 2019 01:46
Last Modified: 20 Nov 2019 01:46
URI: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item View Item